Rafting Caldera, Citarik, Sukabumi

Posted: May 9, 2010 in college and dorm life, Lifestyle, Travelling and Culliner
Tags: , , , ,

Lanjutan dari rangkaian acara KI, setelah dari Villa gwe, kami pun berangkat ke Sukabumi untuk rafting.  Cukup susah juga mencapai tempat rafting ini.  Mungkin karena kami masuk melewati jalan alternativ.  Kami masuk ke semacam kompleks yang gersang dan jalan yang dilewati pun hancur.  Jalan yang dilalui menanjak dan penuh dengan batu2 kerikil untuk menutupi jalan yang rusak. Belum lagi berkelok-kelok tajam dan berbentuk tapal kuda.  Berasa udah rafting dah di dalam bis.

Begitu sampai, kami pun disambut oleh snack pisang goreng dan minuman hangat (boleh pilih, kopi atau teh, self service gitu).  Ternyata Caldera ini menyediakan bungalow atau pondokan buat para pengunjungnya.  Tapi mungkin itu khusus bayaran yang lebih mahal dari kami karena kami hanya diberikan semacam pendopo, lengkap dengan kursi dan meja untuk makan. Padahal bungalow yang ada disitu menyediakan kasur…ada harga ada kualitas lah ya… Oh ya, semua bangunan disini didesain dengan suasana alam.  Atapnya dipasang rumbai-rumbai, semua berdindingkan kayu, ada juga yang berdindingkan batu dan dibiarkan terlihat corak batunya.  Gayungnya pun lucu, terbuat dari batok kelapa yang ditusuk dengan bambu. Kamar mandinya wangi kelapa, jadi jangan khawatir untuk merasa jijik saat harus menggunakan kamar mandi. nih, snap shot bungalow di Caldera

Kompleks pondokan Caldera
Salah satu bentuk bungalow di Caldera

Suasana di Caldera. Back To Nature :P

Setelah menikmati snack, kami pun dipersilakan untuk mulai mengenakan perlengkapan rafting.  Perlengkapan terdiri dari Life Jacket, Helmet n dayung.  Life Jacket disesuaikan dengan ukuran badan, mulai dari S-XL (ajaib, gwe dapat ukuran S! udah melar kayaknya tu pelampung :P ).  Setelah tiap orang telah mengenakan perlengkapan dengan lengkap, kami pun dikelompokkan menjadi beberapa kelompok.  Masing-masing terdiri 3-4 orang dan dipandu oleh 1 orang guide.  untuk satu kelompok yang terdiri dari 3 orang diberikan 2 guide sebagai pemandu.  Gwe pun sekelompok dengan Giri, Zora dan Pak Ifti dengan guide bernama Dayat.  Setelah semua siap, kami diberangkatkan ke tempat start dengan mobil pickup.  Dan pengalaman waktu di bus saat menuju caldera pun terulang kembali.  Berkelok-kelok, naik-turun, terguncang-gancang, plus kami kehujanan.  Basah dan terombang-ambing, benar2 pemanasan yang pas sebelum rafting yang sesungguhnya.

Sampai di tempat start, kami pun mengantri untuk naik ke kapal.  Sambil menunggu antrian, kami diberi pengarahan oleh guide mengenai kode2 yang akan dia ucapkan saat nanti kami rafting.  Kode-kode yang diajarkan adalah :

  1. maju –> Mendayung ke belakang
  2. mundur –> Mendayung ke depan
  3. Pindah kiri –> orang di sebelah kanan pindah ke kiri
  4. Pindah kanan –> orang di sebelah kiri pindah ke kanan
  5. bump –> menunduk / duduk di lantai perahu

selain itu diajarin juga apa yang harus kita lakukan kalau2 tercebur (bagian ini yang gwe perhatikan dengan penuh perhatian, si guide juga tampaknya hanya menjelaskan ke gwe :D ). Posisi kaki dinaikkan ke depan, dan seolah-olah kita duduk di atas air dan tetap tenang n gk panik (er,,kayaknya gwe gak janji bisa gak panik kalo kecebur).  Hingga akhirnya tiba giliran kami untuk masuk ke boat dan rafting pun dimulai!

Rafting!

Kami akan mengarungi sungai citarik sepanjang 9 km dan akan menghadapi 21 jeram selama 2 jam.  Pertama-tama gwe masih agak panik, tp begitu mengarungi jeram pertama, gwe pun sudah sangat santai dan mulai pecicilan sendiri.  Jeram di sini ternyata diberi nama yang aneh-aneh.  Ada yang namanya jeram batu kutil (karena ada batu kasar mirip kutil yang menyembul), jeram bali (karena ada istruktur dari bali yang pernah kecebur disitu), jeram which way (karena di bawahnya ada 2 jalur), jeram kincir (karena dulu ada kincir angin kecil buatan belanda di pinggir sungai), jeram sirkuit (karena di jeram tersebut para instruktur berenang semasa pelatihan) , jeram Jumping Jackless (ntah benar apa tidak tulisannya), dll.  Untuk jeram jumping blabla yang terakhir gwe sebutin, bisa dibilang itu jeram yang paling seru.  Saat melaluinya kami pun diharuskan duduk di dasar boat agar tidak terlempar.  Kang Dayat si Guide pun termasuk orang yang asyik.  Dia mengajak kami merasakan “komedi putar” yang berarti adalah mengarungi jeram dengan kapal yang sambil berputar-putar.  Caranya adalah orang disebelah kanan mendayung mundur sedangkan orang di kiri mendayung maju.  Jadilah kami terombang-ambing sambil terputar-putar. asooyy…  Sempet juga si guide menawarkan untuk nyemplung biar merasakan berenang di sungai.  Dan gwe pun nyemplung! hahahay, percaya saja lah pada pelampung. Tapi kasian juga si kang Dayat yang harus mengangkat gwe ke kapal, berat banget ya mas?hhahaha!

2 jam pun gak terasa, kami tiba2 aja udah mengarungi 21 jeram dan tiba di tempat finish.  Begitu sampai kami langsung disuguhi kelapa muda dan diantarkan pulang dengan mobil pick up ketempat kami akan disuguhi makan siang.  Kami pun mandi dan begitu selesai mandi sudah ada ayam goreng, tempe,tahu, karedok,sambel teri, sambal dan semangka sebagai hidangan makan kami.  Minumannya sih masih sama dengan yang tadi, teh dan kopi.  Tapi makanannya cukup enak looh…dan banyak! untuk kami ber27 saja masih sisa cukup banyak.

Basah dan kenyang! (Y)

Setelah makan, kami pun kembali ke bis (foto2 dulu tentunya :P ).  Sebelumnya kami mengunjungi photo booth untuk melihat-lihat foto yang diambil saat kami rafting tadi.  Dan jangan kaget denger harga cetaknya, 1 foto 8R dikenakan harga 40.ooo rupiah! dan jika mau ngambil paket, 3 foto 8R + CD semua foto dikenakan harga 145.000.  Untung kami sekapal dengan pak ifti, jadinya waktu itu dibayarin dulu sama pak Ifti ;). Nanti kami ganti ko pak :D

Hmm, jadi gmana perasaan setelah rafting? jujur, gwe gak ngrasain yang namanya sampai ketagihan kaya yang orang-orang bilang waktu gwe blogwalking.  Gwe enjoy, cukup menyenangkan, kalo diajak lagi ya ayo-ayo aja, tapi yang rasanya sampai ketagihan? wah, gak deh.  Gak 2 kali juga gapapa. Mungkin karena pada dasarnya gwe lebih mencintai “permainan di darat kali ya??” :P

About these ads
Comments
  1. nadiafriza says:

    belom pernah rafting :(
    arung jeram di ancol bumi ama langit kali yaa yo ama rafting disinii hehe

  2. Vano says:

    mau nanya..kluw pake caldera rating enaknya berapa dari 1 sampe 10 ??

    soalnya guw biasa pake saingannya yang warna merah…hehehhe..

    Caldera kluw dari soal Price emang lebih murah..tapi kluw Kualitas sama kaya si merah,mending pindah ke si biru Caldera..hehhe,udah murah kualitas terjamin pula..

    thx ya for the info..

    • wah, kalau rating untuk raftingnya, kayaknya sih sama2 aja ya…secara sungainya sama…hahah!
      tp pelayanan disitu cukup memuaskan ko….untuk nilai, hmm…karena baru sekali nyoba kayaknya gk berani ngasi nilai dulu deh, soalnya emang gk tau standarnya gmana
      tp kalo emang lebih murah, wah, disarankan banget untuk pindah ke lain hati! soalnya tempatnya bagus, bersih, orang2nya asik2, dan ada fasilitas2 lain juga kaya bisa nginep dan sebagainya (ya tentunya dengan biaya tambahan, gk tau kalau di si merah ya..hehehe)

    • Iya kami tunggu anda di caldera adventure whit care

  3. pengen banget kesiniiiiii
    mahal ga ya?

    • hmm…kalau tidak salah, sekitar 200rban (atau mungkin dibawah itu) udah dapet paketannya.
      Welcome snack, raftingnya (tentu saja :D ), dan lunch. Tapi waktu itu dapatnya cuma seperti pondokan biasa, bukan gazeebo2 yang bisa tidur2an itu….Trus foto juga belum termasuk…fotonya mahal -___-”

  4. chmod says:

    klo dari sungai emang sama, tapi enakan si biru…
    krunya ok..:)

  5. didin suja purwakarta says:

    wah seru banget acara di caldera dari mulai ketawa2,rafting,painball playing fock sampai basah basahan sambil minum air kelapa muda.meskipun cuma 2 hari satu malam acara di caldera.tapi banyak pelajaran yang saya dapat dari acara tersebut.saya ucapkan banyak terima kasih kepada management suja yang sudah memberikan acara tersebut kepada kami semua,dan tidak lupa kepada pihak caldera yang sudah memberikan pelayanan yang sangat terbaik kepada kami semua PT SUJA.mudah mudahan management mengadakan acara ini satu periode sekali.pokoknya asyik tenan.

  6. roy sormin @acehardware_bogor says:

    seruuuuuu…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s