Tepung dan Telur

Posted: March 30, 2009 in college and dorm life, Lifestyle, Travelling and Culliner

Karena berniat menabung dan menekan pengeluaran sesedikit mungkin tp tanpa mrasa merana, gwe jadi menemukan cara aman dan nyaman buat gaya hidup.  Yaitu : MASAK!

yaaap!!gwe memutuskan untuk sering2 masak sekarang di kosan.  Berhubung gwe sering udah dikosan siang2 dan gk selalu udah dikosan juga paling malam jam 8, jadi gwe memutuskan untuk sesering mungkin makan dikosan.  Cara ini bner2 terbukti ampuh untuk menekan pembelajaan negara (hayah).  Buktinya??gwe berhasil nabung lebih dari sejuta untuk bulan ini, karena gwe hanya menghabiskan sekitar 300rb kurang untuk makan.

Gwe belanja2 kebutuhan sehari2 pas awal bulan tentunya.  Bulan maret ini gwe belanja ma wiwi,anak kosan .  Kita udah kaya ibu2 yang maunya untung ajah.  Beli bawang putih, pas ditimbang cman 470 perak..secara belinya cman 3 siung!huahahah!soalnya karena emang kita tau banget, yang kita masak pasti masakan khas anak kosan yang jarang banget make bumbu2 heboh.  Jadilah waktu itu kita beli minyak,beras,sayuran (brokoli,terong,kol), bumbu2 (bawang merah,putih,daun bawang,cabe keriting), garam, dan ikan! (dan gwe baru inget kayaknya tu ikan blum dimasak sampe sekarang..eyaaa…).  Yang kira2 dipake barengan kita patungan,yang dipake sendiri2 bayar sendiri2 tentunyaaa!hehehe….waktu itu gwe abis hampir 100rban.

Naah..dimulai lah kebiasaan memasak gwe.  Bulan2 sebelumnya emang sering gwe masak,tp gk diniatin.Kalo emang udah gk punya uang ato emang males keluar, gwe baru masak.  Itupun seringnya kalo rame2 ma anak kosan soalnya kalo sendirian sering malas masak (malas kluar,malas masak,akhirnya tidur untuk ngilangin lapar..hahaha!).  Sampe saat ini masih sangat standar lah yang pernah kami masak…malah kadang2 bner2 masakan baru yang ditemukan karena bumbu yang apa adanya…nih masakan yang pling sering kami masak:

  1. kornet tumis kol
  2. tuna kaleng tumis
  3. brokoli asparagus
  4. ayam lemon
  5. berbagai macam masakan telor
  6. berbagai macam gorengan tepung
  7. sarden (biar gk bosen sampe ngoleksi berbagai macam merek…malah sampe ada yang rasa kare by gaga!)
  8. Terong goreng (favorit anak kosan!)
  9. masakan siap saji aka nugget2an (mulai dari tofu,nugget,chicken strip,sampe cordon bleu)
  10. masakan dari rumah yang dipanasin lagi (tentunya ini yang paling sedep!hehehehe)

naah..liat kan ada poin yang ditandain??? karena itulah yang akan gwe bahas sekarang!

selama gwe memasak, gw menemukan 2 hal yang gwe pegang teguh!

  1. Telor, dimasak apapun = enak
  2. Apapun, dimasak tepung = enak

Poin pertama, sama sekali gk ada bantahan!selama telur itu blum busuk,blum jamuran,blum ada ayamnya,belum jadi ayam kecil, dimasak apapun pasti enak!bentuk2 telur yang bisa dimakan:

  1. Di mata sapi aka ceplok, maknyus!mau kering,mau setengah matang, mau kuningnya aja yang setengah matang,mau direbus tp di cplokin…wuuuh!enaaak semua dah!
  2. Di dadar.  Klo orang pada umumnya pasti udah kebayang.  Dimasukin potongan cabe kriting dan daun bawang..hmm..harumnya aja udah bikin ngecess.  Ato kadang di masukin kornet ato keju biar brasa omelette.  Tapi,gwe punya resep turun-temurun dari eyang gue.yaitu…DADAR MANIS!caranya?ya kocokin aja telor sama gula sebanyak 2 sendok teh. Terus goreng make mentega ato margarin…wangi looh!!kaya bau kuee (y iyala, tinggal tambah tepung trus dimixer juga udah langsung jadi kue ituu..).  Rasanya enak!bneran deh…cobain aja klo gk percaya.Jangan panik kalo pas digoreng telornya jadi warna item, tp itu bukan gosong ko.Itu karena pengaruh gula. Pasti ngrasa aneh y??tp cobain deeeh..klo suka manis pasti suka!
  3. Di scramble.  Macem2 nih jadinya.  Bisa telornya aja (yang ngebantu banget buat sarapan juga).  Bisa sama kornet ato bahan2 lain juga…mantab!
  4. Jadi olesan rati, trus digoreng…huaaaa!enaaaak..apalagi klo begitu selese digoreng,masih panas, di taro keju yang gampang leleh…trus ditumpuk sama selembar roti telor lagi,trus,,,haapp!!nyam,nyam…
  5. Di rebus.  Macem2 niih..di rebus setengah mateng buat sarapan misalnya.  Trs dibuka seperempatnya doang (harus make alat khusus biar rapi), trus dimasukin garam dan merica…hmmm..lezat dan bergizi boo! terus direbus biasa..ya jelas banget kan bentuk dan rasanya.  Ato habis direbus, digoreng lagi juga bisaa..Ni biasanya yang dipake klo buat telur balado.  Karena gwe punya bumbu balado dari rumah, gwe cukup sering juga bikin telur kaya gini..Dan biasanya untuk makan sahur karena cpet n praktis!
  6. Telur macem2 pun juga enak kan…kaya telur asin ato telur puyuh.  Telur Puyuh goreng yang paling enak itu bikinannya warung sariwangi di blakang unpar..mantaab!

Naah..klo poin kedua,yaitu tepung..gk sepenuhnya bner sih.  Misalnya daging goreng tepung itu sama sekali gk enak.Selain malah bikin tambah keras, gwe juga gk suka rasanya. agak gk matching aj..heheh…makanan yang sering gwe goreng tepung tu misalnya tempe,tahu,ayam,udang,brokoli,jamur shitake (yang paling enak, jamur goreng tepung yg disajikan sebagai pelengkap steak di cafe bali),bawang bombay,ikan,cumi, dsb.  Malah gk jarang juga kan nemuin keju goreng yang ternyata digoreng make tepung?haha..aneh2 aja emang si tepung ini.Tapi sangat membantu dunia permasakan anak kosan lo!bayangin aja,dia bisa menjadikan lauk kita 2 kli lipat dari bahan yang ada.  Misalnya nih, kita punya tempe,udang, brokoli, n tepung.  Kita bisa makan tempe goreng,udang goreng,brokoli tumis ato rebus, tempe goreng tepung, udang goreng tepung, n brokoli goreng tepung…yippiiie!!Ditambah lagi sekarang juga ada tepung yang pedes yang bikin masakan makin brasa…hmmm…

Sekian dulu ah,dah pagi,harus tidur..

Makasi banyak,thx very much, danke schon untuk sahabat dapurku, tepung dan telur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s