1st day!!!

Posted: June 9, 2009 in Internship@LG

Start : 23.11
1st day!!

Sebenernya pengen langsung nulis di blog. Tapi mau gmn lagi klo emang belum ada internet??Jadilah untuk smentara nulis di word dulu.

Ok, sesuai judul, tntu ini tentang 1st day of my KP! Setelah berhubungan dengan HRM n trus ngerocokin om Heri, akhirnya diputuskan kalo gwe n Nadia bakal mulai KP pada hari Senin tanggal 8 Juni 2009. Dengan tanpa bekal apa2 selain proposal dan surat pengantar dari ITB, gwe n Nadia pun datang jam 7.00 di PT LG Electronics Indonesia atau selanjutnya akan gwe sebut aja LG atau LGEIN klo lagi gk males ngetik…heheh!

Pertama kali datang, gwe udah disambut sama satpam depan, yang langsung mencegat gwe. Akhirnya, untuk masuk gwe harus ngisi form tamu, nitipin KTP dan make Tag untuk visitor. Setelah itu, gwe langsung disuru untuk menemui Bu Astrie dari HRM. Masuklah gwe ke gedung yang kayaknya itu kantor utama LG. Naek tangga yang sebelah kiri dengan ragu2 dan membaca tulisan2 yang dipasang di anak tangga itu. Ada macem2 tulisan yang kaya pemberi semangat gitu. Selain itu, didepan gwe ada poster sueepeeerr gueedeee yang tulisannya…ng..apa y???lupa!!pokoqnya apa global no1 ato gmana gitu lah..hahah…semacam targetnya LG yang dipasang gede2 biar buat pemacu semangat kerja kali y?? Belum sampai gwe di anak tangga paling akhir, ada seorang mas2 (udah kerja sih, tp masih muda jadi gwe panggil mas2 aja lah) yang hampirin n nanyak,”yang PKL bukan?”…dan gwe pun disuru masuk ke ruangan office yang ada tulisan HRM.

Begitu masuk, gwe disuru duduk di suatu meja conference gitu. Dari situ gwe bisa ngliat keadaan sekeliling dari salah satu kantor LG. Yang gw liat,,,,hmmm…mereka terlihat santai. Jeans, sepatu kets, malah ada yang make sandal…bahkan ada yang make sandal jepit!!hooo..jadi bner apa yang diceritain wiwi selama ini, klo kbykan dari orang kerja seringnya make sandal pas di kantor, kcuali pas lagi ngadep bos. Lagi asik2 mratiin keadaan sekitar, datanglah mas2 yg belakangan gwe ketaui kalo namanya Pak Unas (tp gwe mrasa cocok manggil dia mas..hahah!). Dia nanyak2, PKL dari mana, mau gmn, dan apakah bawa proposal..nnngg…gwe gk bawa…dan gwe mulai mrasa gk enak. Trus datang lah Bu Astrie, dan dia ternyata masiiih sangat muuudaaaa…hayaaah!! Dan dia pun menagih proposal gwe. Looooh!!kan gwe udah kirim, softcopynya, aplg yang aslinya juga dulu2 gwe udah kirim…dang we juga baru inget pada saat itu kalo emang dia minta lagi proposalnya pas dateng…hiiixx….akhirnya dia nyuruh gwe bikin lagi n besok dibawa. Jaaah…

Setelah nunggu sekitar setengah jam lebih n nungguin nad yang sempet salah masuk pos, akhirnya kami dikasi Kemeja seragam LG, name tag untuk PKL, kupon makanan, n surat yang ditujukan ke kampus. Setelah itu Pak Unas nganterin kami ke pabrik bagian Media di LG. Lumayan jauh juga ternyata tu pabrik. Begitu sampai, kita disuru tunggu bntar sampai akhirnya dipanggil untuk masuk ke bagian Industrial Engineering.

Yang nyambut kami di bagian IE adalah Pak Rio n Pak Nugi. Beliau2 ini welcome banget nyambut kita. Jadi awalnya mereka dengerin dulu apa mau kita, kira2 topiknya apa. Gwe emang gk ada bayangan maunya apa, tapi emang gwe diarahin untuk ambil tema PSKE pastinya. Sedangkan Nad mau ngambil yag berbau2 PPC ato pengkua (yang gwe berjanji gk bakal nyentuh lagi seumur idup gwe). Setelah diomong2in, ternyata divisi IE gk nanganin yang begituan. Mereka cman nanganin cost2 produksi secara kesluruhan.. IIhh…emangnya Industrial Engineering cman bs itu apa??gk cocok banget namanya! Trus, setelah mempertimbangkan minat kami, akhirnya beliau2 ini mengalihkan kami ke bagian produksi ato tepatnya TDR Project ato lebih khusunya di bawah team yang namanya adalah Spirit Team.

Begitu masuk, kita disambut langsung sama Pak Sigit, Pak Nanang, n Pak Dadan. Trus ada juga anak kuliahan bernama Noni yang lagi TA di LG. Orang2 yang gwe sebutin ini kayaknya yang bakal trus ketemu gwe di ruangan itu. Setelah ngobrol2, akhirnya kita memutuskan untuk Line Tour dulu. Dan kami pun Line Tour dibimbing sama Pak Nanang. Saat line tour ini lah gwe menemukan fakta menarik. Tau gak, kalo kalian bingung milih DVD mana yang paling oke antara LG, Sony atau JVC, kalian gk usah bingung trus!Pilih aja semau kalian!!karena semua merek yang gwe sebut tadi sama aja! Mereka semua diproduksi sama LG n dikerjakan di pabrik yang sama! Cman bedanya mereka punya standar masing2 n spek yang diminta maunya kaya apa. Kaya sony misalnya, mereka lebih bawel dibanding sama JVC. Sering banget Audit katanya…weleeh…

Setelah Kliling2 pabrik, kita balik lagi ke ruangan TDR3. Trus kita kenalan sama yg namanya Pak Agung. Pak Agung ini yang kayaknya jadi mentor gwe n Nad. Orangnya baek banget! Tau banyak, mau berbagi (itu yang penting!) n gk nyusahin banget lah! Intinya, gwe n Nad dibebasin aja maunya gmn. Klo mau data tinggal minta dan sgala macem laah…

Sebnernya enak sih, tp berhubung kami sama skali blm ada bayangan mau ngerjain apa di KP ini, kami jadi bingung nentuin topik. Jadilah dari jam 10an sampe sore kerjaan gwe n Nad cman baca2 modul pemberian Pak Agung, ngira2 topik apa yg bisa diangkat, n nanyak2 sama bapak2 yang ada di sana. Gwe peratiin mereka semua mau bantu kok. Malah Pak Nanang pas gwe minta izin untuk ninjau Line lagi, dengan senang hati menemani. Dan emang sbnernya, si bapak2 itu lagi pada dikit kerjaannya. Pas gwe tanyak, katanya mereka bakal sibuk klo lagi pada project aja…hahahha! Pantesan gwe n nad diservis abis2an. Tp g semua sih…yg jelas2 ngebantuin cman Pak Nanang n Pak Agung. Pak sigit dikit2 lah….

Oya, kan kami dapat makan siang gratis ni. Jadi dengan adanya Kupon makan, kita dapat makan gratis di Kantin tiap lunch. Iseng lah kami nyobain kantinnya. Ternyata kantinnya LG tu gedeee bangeeet. Di Kanan kiri ada deretan2 kursi n meja untuk makan. Dimana di ujung depan pintu ada sederetan tempat ngambil makanan. Menunya ada macem2, ada nasi timbel, opor ayam ato daging, ada gudeg, ada telur (ntah diapain). Caranya dapet makanan? Antri lah di masing2 jendela bertuliskan menu yang diinginkan. Ambil piring, trus maintain lauknya sama petugas yang ada di jendela tersebut. Mereka bakal ngasi jatah2 makanan gtu. Sementara nasi, ada di atas meja makan n ditaro di dalam igloo. Tiap meja makan paling gk ada 1 iglo penuh yang isinya nasi. Untuk tadi siang, gwe dapet opor daging, tahu n gudeg. Trus juga dapet pisang n yakult. Rasanya??nngg…paling gk bisa ketelan laah.ato bahasanya Nadia, bisa dikenali..hahaha! Nah, setelah makan, kita harus ngembaliin piring ke dapur lewat jendela yang ada disamping jalan keluar. Trus baru kita dapat minum aqua. Ambil gelas sendiri, isi sendiri, minum, taro lagi gelas di tempat gelas kotor. Keluar dari pintu kluar, n ada wahstafel untuk cuci tangan. Aneh dah pokoqnya!Makan aja brasa banget di Pabriknya…hahah!lmyn lah untuk pengalaman…Pas mau balik ke tempat kerja, kita smpet nyasar looo!hahaha..mau nyari pintu masuk yang ada musholahnya gk ketemu, mau masuk ke ruangan kerja, salah ruangan boo!untungnya gk ada orang di ruangan itu, klo gk kan malu….dan ternyata, kami salah lorong…siaal!!!

Balik2 ke basecamp, kami pun kmbali bingung mau gmn. Akhirnya kita kembali ke kegiatan semula, nyari topik. Untung masih dibebasin mau ngapain aja…jadilah gwe n Nad cman nyari topic sambil ngobrol2. Gwe agak memutuskan untuk meneiliti ekonomi gerakan atau biomekanika. Kalo mau biomek, gwe mungkin bakal make RULA atau REBA. Gwe bakal cman mratiin pekerja pada satu stasiun kerja, trus gwe itung beban kerjanya. Tapi gwe ngrasa gk sreg sama biomek. Gwe ngrasanya cman kaya praktikum aja. Akhirnya gwe jg ngliat2 ekonomi gerakan, n mungkin yg nntinya bakal ngilangin gerakan yang gk memberikan value added. Bisa make therblig ato gmn..Jatuh2nya gwe ngebahas bagian kecil dari Waste Elimination yang lagi sering digalakkan sama LG. Gk tau deh…gwe pusing banget krn kekurangan bahan. Gwe cmn bawa buku2 kuliah sama data2 tugas. Tp gwe gk ada form2 yang dibutuhin….huaaa…semoga lancaaaaar…amiiiin….

Besok niatnya balik lagi pastinya. Ntah mau ngapain, mungkin minta dijelasin waste sama Pak Agung, khusunya yang gerakan. Sapa tau beliau punya videonya, jadi gwe tinggal mratiin aja. Gwe plajarin lagi aja lah semuanya…aaah..mumeeeet….

Doakan lancar yaaaa…

End : 12.03

Comments
  1. ladysherry says:

    justru karena Sony lebih cerewet dari JVC dan bisa cerewet ke LG berarti kualitas produk Sony lebih bagus dari pada LG dan JVC, karena quality control berulang kali dan lebih ketat
    hehe😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s