Cell line, oh Cell line

Posted: June 12, 2009 in Internship@LG

Dari kemaren mau ngabarin kabar bahagia tp gk sempet2.  Lama2 feelnya udah turun deh..ahehehheh..

Kmarin kan YMan sama pak Dadi.  Setelah ditawarin untuk jadiin laporan gwe jadi suatu makalah ilmiah, n harus disertakan untuk seminar nasional, dan diancam kalo gk mau gk bakal dibantu, dan ditawarin juga klo mau jadi topik KP, gwe jadi berharap-harap cemas untuk nunggu langkah selanjutnya dari pak Dadi.  Dari kemarin sih beliau udah nyaranin biar gw nyari2 data2 umum aja dulu.  Kaya kapasitasnya, kecepatan produksinya,  Cycle Timenya, jumlah operator sampe lay-out.  Gwe udah berhasil ngumpulin sebagian besar dari data-data umum.  Hari ini, agenda gwe mau ambil video di Cell Line, gwe mau ambil video proses secara keseluruhan, video tiap2 stasiun kerja, sama video untuk satu pallet.

Tadi pagi, gwe udah berhasil moto2 stasiun kerja si Cell Line ini.  Gwe berhasil dapetin data2 mendasar dari Cell Line.  Tapi, berhubung batere udah mau abis, daripada pas ngerekam video si baba mati, ya udah, gwe masuk lagi ke ruang kerja buat ngecas si Baba.  Gwe berniat, sekitar jam satu setelah makan siang, gwe langsung ngerekam proses2 di Cell Line. Tapiiii…….ternyataaaa…Gwe gak bisa ngerekaaaamm!!!Ternyata Cell Line yang gwe peratiin lg gak kerjaaaa…huhuhuu…gwe lupa, kalo Cell Line ini emang kerjanya gk pasti….hiiikss…jadi gk ada kerjaan deh gwe siang ini!!siaaall…..harusnya tadi gwe paksain aja ngerekam video sedapetnya…huaaa…

Btw, udah tau gak Cell Line itu apa??

Cell Line adalah salah satu bentuk lini produksi yang berbentuk lingkaran dan merupakan hasil potongan dari Flow Line.  Kalo di LG, potongan ini cman dititikberatkan sama pemotongan jumlah pegawai.  Niatnya sih untuk naikin UPPH (unit person per hour). Yang pada flow line 1 operator hanya mengerjakan 1 pekerjaan, pada Cell Line 1 operator mengerjakan 4-5 jenis pekerjaan, bahkan bisa lebih.  Tapi sayangnya, di LG sini, gk pernah diitung beban kerjanya.  Selain itu, gk pernah dirancang juga gerakan bakunya. Jadi gk ada SOP khusus untuk gerakan kerja di Cell Line.  Semua diserahkan sama operator.

Pas gwe pratiin, gwe liat banget gmana operatornya kewalahan ngerjain kerjaan-kerjaannya dia.  Trus ntah knapa sering terlihat bottle neck.  Padahal kan harusnya gk boleh ada bottle neck.  Bisa dibilang, LG ini gk terlalu memperhitungkan hal-hal lain selain proses produksinya di Cell Line ini.  Yang dikejar hanya UPPH yang tinggi, sama palingan bikin LOB.

Gwe ngrasa sih, di LG ini sama sekali gk pernah disinggung keergonomisan stasiun kerja.  Mungkin gk cman stasiun, tp keadaan kerjanya juga.  Gak pernah diitung beban kerjanya, dll deh! makanya, gwe coba untuk ngerjain itu sebagai bahan KP gwe.

Naaaah…sekaraaang masalahnya adalaaah…Gwe gk punya bahan yang cukup sampe senin tar.  Senin tar Pak Dadi janji untuk ketemuan n kita diskusi bareng ttg Cell Line n ngebahas tools2 apa aja yang bisa kita pake. Tapiii…hari ini gk bisa ngambil video bahkan besok pun gk bisa karena gwe harus udah ke bandung.  Yaaa..sudahlah..pasrah aja..gwe coba bikin form work samplingnya dulu deh!!

okeee…ciaaaooo!!

Semangat KP!!!!

Comments
  1. Hanief says:

    Wah banyak juga tuh yang bisa dijadiin topik…
    LG di Indonesia tuh bikin apa aja yo?sampe bikin HP?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s