Jambi, The Weightgainer

Posted: July 23, 2009 in Lifestyle, Travelling and Culliner

Yeah…udah seminggu gwe disini..

Dan, gwe mrasa gwe udah naek berkilo-kilo..oh,my god.

Gwe pengen nyeritain makanan apa aja yang udah gw lahap disini.

Gwe tiap pagi selalu dapet sarapan beraneka ragam dari mama chichi.  Dari sekedar sereal sampe hotdog, dari nasi kuning, nasi uduk, bubur ayam, sampe lontong sayur.  Dan gk ketinggalan tadi gwe dimasakin french toast and yoghurt.Pagi-pagi aja udah gitu….huee…

Untuk lunch n dinner ato cemilan, gwe udah makan dendeng batokok, sate murni, ,terong balado, martabak sederhana, pindang daging meranjat, cilempungan, ikan bakar tolon, n kue Lapek Bugis.  Trus gwe jg makan di zenbu, Hau’s Tea, n Cwiemie Malang.

Dari sederet makanan yang udah gwe sebutin (n kayaknya ada yang belum), gwe paling berkesan sama Pindang Daging Meranjat, Ikan Bakar Tolon, Cilempungan, and kue Lapek Bugis.

Awalnya, pas gwe ditawarin Pindang Meranjat, gwe ogah2an karena gwe emang kurang suka sama yang namanya Pindang.  Yah, selama ini yang gwe tau emang cman Pindang ikan.  Gwe gak suka sama masakan ikan yang dikuahin gitu, kesannya amis meskipun masaknya udah digimanaiiin jugaa.  Tapi, begitu gwe nyobain masakan mama chichi, wuiiiihh..maknyuuuss!!pedesnya, manisnya, asamnya, empuk dagingnya, bener2 meresap menjadi satu dimulut.  Udah gitu, biasanya dimasukin juga tulang2an ato daging2 yang maih menempel di tulang iga..wohooo…makannya sambil dicucup-cucup…sluurrrpp..nyam!!Mantab laah..sampe2 pas ada acara keluarga, yang gwe incer itu dulu tuh..heheh..

Ikan Bakar Tolon gwe makan pas ada acara keluarga di rumah.  Nyokap ngundang2 semua keluarga yang ada di Jambi buat ngumpul2 n makan.  Udah lama banget kami gk ketemua sama keluarga Jambi, jadi sayang dong klo gak disempetin ngumpul.  Nah, salah satu masakan yang disajikan adalah ikan bakar tolon.  Gwe juga bingung “tolon” itu apa, yg jelas itu nama resto ato tempat yang ngebakar ikan itu. Dan, rasanya??mantaaabbb gaan!!!Gurih2 manis gitu…bumbunya meresap sampe ke daginnya. Makan make sambel ato kecap rawit, ow, ow ,ow..gk mungkin untuk gak makan seekor ikan nila sedang daah…hehehe…

Salah satu alasan gwe ke Jambi n satu2nya makanan yang emang gwe kejar di Jambi adalah Cilempungan bikinan Bude Sukma. Kentalnya bumbu kuning dengan potongan2 ebi, lembut dan kenyalnya cilempung dan rasa ikan dan udang yang tajam…huaah..sapa yang gk kangen coba???*buset, gwe nulisnya sampe nelen liur*. Makannya make rawit yang dikeprekin…huaaa…pedes, gurih, enaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkk!!!!gwe ada makan 20 butir kali ya sekali duduk??gileee…mantaab daah….btw, cilempung itu kaya pempek ato tekwan, dari ikan juga n di bulet2in…yah, masakan khas Palembang lah..

Gwe makan kue Lapek Bugis gara-gara nyokap gwe yang pengen banget makan kue itu dari sejak di jakarta. Akhirnya dibelilah kue itu di tempat jajanan langganan keluarga gwe di sini. Jadi, kue Lapek Bugis itu terbuat dari..apa y??itu loh, luarnya kue nagasari yang kenyal2 itu. Tapi klo nagasari isinya pisang, kue Lapek Bugis yang gwe makan disini itu  isinya kelapa. Enaaak deh..kenyal n rasa kelapa yang manis n gurih bikin rasanya unik.  Gwe sampe makan 2 sekali duduk, hahaha! Tapi, kata nyokap, Lapek bugis versi sunangiri (pusat pertokoan bahan yang dikelola sama banyak orang padang di jakarta) isinya bukan kelapa, tp ketan item…hmmm..mungkin lebih unik n enak lagi rasanya??tar kita coba.

Nah, baru seminggu, makanan gwe udah full calories..haa…jangan ditanyak deh bentuk gwe kaya apa..

Yang jelas masih ada sekitar 2minggu gwe disini, hiiks..gmn bntuk gwe pas gwe pulang ntar ya…oh no..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s