Darah rendah, oh, Darah rendah

Posted: April 12, 2010 in Life|Love|Souls|Conspiracies
Tags:

Kalau ditanya apa gwe punya penyakit kumatan apa gak, mungkin akan gwe jawab, DARAH RENDAH! Penyakit yang disebabkan tekanan darah drop ini bener2 bikin gwe KO tak berdaya deh….😥 Kalo gk salah, pernah gwe diukur tensinya dalam keadaan normal.  Dalam keadaan normal aja tensi gwe 100/70.  Yah, sebagai orang awam yang tau kalo normal itu 120/80, gwe menganggap itu sudah rendah. Apalagi dalam keadaan normal

Gak enak banget deh darah rendah itu kalo udah kumat.  Kepala pusing, degub jantung kenceng, mual, lemes, dan berasa antara mau muntah atau mau pingsan.  Kepala beratnya amit-amit dah! Berasa harus rebahan terus.  Masalahnya kalo dibikin tiduran, kepala mendingan tp justru degub jantung makin kenceng. huuhhh…apa enaknya coba???

Darah rendah paling parah yang pernah gwe rasain selama ini 2x.  Pertama waktu TPB dmana gwe dipaksa lari sprint beberapa keliling lapangan bola.  Rasanya kepala gwe bener udah berton-ton, susah napas, dan susah bangun begitu rebahan.  Sama sekali gk bisa bangun karena begitu bangun langsung berkunang-kunang, dunia keputer-puter, dan pasti jatuh lagi. wuih, wuih…..Yang kedua, waktu gwe sakit DBD.  Awalnya gwe masih bisa ikut praktikum sampai tiba-tiba rasanya berkunang-kunang, badan goyang-goyang siap pingsan, bibir udah pucat.  Begitu di cek, hyalah, tekanan gwe udah sampe 90/60.  Dhieerr….

Udah sering sakit, bukan berarti gwe pasrah gitu aja.  Pastilah gwe mencari segala cara untuk nyembuhinnya.  Ini ada beberapa cara yang selama ini gwe coba dan selalu berhasil :

  1. Makan makanan yang menaikkan takanan darah.
    Contohnya ati/ampela baik punyanya ayam atau sapi.  Untuk yang paling ekstremnya ya tentunya masakan Kambing.  Khusus untuk ati/ampela, gwe termasuk sering makan secara berkala, yaa…bisa sampe 2 minggu sekali gwe makan.  Tapi untuk kambing, hmm…khusus kalo lagi kumat aja sih n kalo berasa parah banget.  Dan reaksinya memang cepet banget.
  2. Minum teh manis panas.
    Ini yang guru olah raga gwe kasi begitu ngeliat gwe udah hampir siup.  Begitu gwe minum beberapa tegukan, beberapa menit kemudian rasanya perasaan mual ilang dan kepala berasa gak berat lagi.  Bener-bener seeenngg….hilang, lega, dan segar.  Mungkin karena kandungan gula dan air anget.
  3. Kalo lagi males ngapa-ngapain ato emang terlalu lemes untuk ngapa-ngapain, langkah yang paling ampuh yang selalu gwe tempuh adalah TIDUR! Kepala yang berat akan berangsur-angsur ringan begitu ditaruh di atas bantal.  Kalo tiba2 jantung berdegub lebih kencang kaya gwe tadi bilang, hayooo mikirin siapaaa??! Eh, bukan ding, kalo tiba2 deg2an parah, coba atur-atur napas.  Tarik napas panjang, dan hembuskan pelan-pelan.  Mata dipejamkan dan kepala bener-bener dibuat serileks mungkin.  Oya, yang paling penting, kepala agak ditinggikan.  Misalnya, make bantalnya dua.  Cara ini yang bener2 ampuh n gak pernah gagal deh.  Apalagi kalo berhasil ketiduran, bangun-bangun pasti seger deh!

Sampe saat ini gwe gk pernah minum obat penambah darah atau apapun.  Mungkin karena gwe selalu berusaha hindarin obat. Buat apa obat kalo tidur sudah cukup menyembuhkan? ehehehe..Ada cara lain yang lebih ampuh dari yang gwe saranin gak?? Bagi-bagi dooong…:D

Comments
  1. asti says:

    nih yo gw berkunjung. ditautkan yaaa. hahhaa..

  2. nadiafriza says:

    berarti lo ga mungkin donor darah dong yo?

  3. mikha_v says:

    aQ rekomendasi sih kambing, terutama yang organik. Cukup sehat.

    Kalo hati ampela, aQ ngga rekomendasi. Karena, hati itu adalah bagian yang paling beracun dari binatang (racun2 dicerna di situ juga, seperti pada ginjal). Jadi, lebih banyak negative side effect nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s