PT. Badak-nya si Bontang

Posted: April 12, 2010 in Life|Love|Souls|Conspiracies
Tags: , , ,

Kilang PT. Badak

Sudah sekian lama gwe ngeblog, tp gwe baru nyadar kalo gwe sama sekali gk pernah nyeritain tentang tempat dimana gwe dibesarkan. Yap, PT. Badak NGL Bontang.  Salah satu perusahaan besar yang terletak di Bontang, selain PT. Pupuk Kaltim.  Seperti layaknya perusahaan perminyakan yang terdapat di kota terpencil, perusahaan ini pun memiliki kompleks perumahan yang ditunjang dengan fasilitas yang super lengkap. Mari kita bahas satu persatu

PT. Badak memiliki sendiri perumahan sebagai fasilitas untuk karyawannya.  Perumahan ini dibagi menjadi 2, PC (kalo gk salah, kependekan dari Personal Community) dan HOP (House of Permanent, kalo gk salah lagi😛 ).  PC adalah perumahan yang “dipinjamnkan” perusahaan untuk karyawannya.  PC modelnya kayak perumahan di amerika, tanpa pagar😀. PC terbagi menjadi beberapa tingkatan sesuai dengan golongan atau jabatan dari karyawan tersebut.  semakin kecil nomor PC, semakin tinggi jabatannya.  Nih ya pembagiannya kira-kira:

  1. PC 6, diperuntukan bagi non-staff
  2. PC 5, staff baru
  3. PC 4 , setara supervisor
  4. PC 3, sedikit lebih tinggi atau setara section head
  5. PC 3 B, departement manager
  6. PC 3 A, division manager
  7. PC 1 , general manager

Jangan tanyak kenapa gk ada PC 2, karena saya pun gk tau alasannya😛.  Para penghuni PC sudah diberi fasilitas super lengkap.  Dari furniture, listrik dan air sudah gratis.  Telepon antar perumahan sesama PC juga gratis.  Jadilah dulu sering banget dipake bergosipan berjam-jam sama gwe n temen2 gwe.  Belakangan bokap gwe juga udah dapet fasilitas internet gratis.  Jadi jangan heran kalo tiap rumah di PC punya AC n Lampu yang menyala sampe 24 jam, punya kitchen set lengkap sampai kompor listrik n oven listrik, dan pasti punya mesin pengering pakaian n piring selain mesin cuci.  Oya, mesin penyedot debunya juga gk tanggung-tanggung, bisa mencapai ribuan watt! Gak komen ah…:P

Lain HOP, lain PC.  HOP adalah perumahan yang “diberikan” perusahaan untuk pegawainya.  Rumah itu akan jadi hak milik setelah dilunasi cicilan 20 tahun (lama amat yak?).  Oya, selain PC dan HOP, dulu ada perumahan yang terbuat dari kayu n berupa rumah panggung (tp gk tinggi) bernama CH dan AJ.  Gwe gk terlalu ngerti itu perumahan jenis apa dan bagaimana (yg gwe inget, rumah disitu pasti adeemm banget) yang jelas kedua jenis perumahan itu sekarang udah rata dengan tanah karena dijadikan daerah hijau sekitar pabrik.

Fasilitas di dalam komplek sungguh teramat super lengkap.  Khusunya di bidang Olah Raga.  Kolam renang punya 3, dimana 2 diantaranya olympic size.  Ada lapangan golf, ada arena bowling, tennis n basket yang berjibun, lapangan sepak bola, lapangan volley di tiap sudut2 perumahan, Badminton juga ada, bahkan sampai tempat main squash. Dan gak ketinggalan fitness center yang dilengkapi area aerobic n fasilitas mandi uap.  Belum lagi tiap sepanjang jalan selalu ada trotar yang bisa dipakai untuk jogging track. (Seharusnya) sehat deh tinggal di sini!

Salah satu sudut lapangan golf PT. Badak

Gmana nasib anak2 karyawan? Tenang…. PT. Badak sudah memfasilitasi sekolah mulai dari TK hingga SMU, yang berada di bawah yayasan YPVDP (Yayasa Pendidikan Vidya Dahana Patra, makan tuh kepanjangan).  Disingkat aja jadi Campus Vidatra ya…Bukan sekadar sekolah-sekolahan, mulai dari SD hingga SMP, banyak prestasi yang sudah di dapat. Bahkan, SMU yang sekarang berstandar internasional menduduki peringkat 1 SMU seKaltim.  Fasilitas untuk siswanya juga sudah sangat lengkap, mulai dari laboratorium Biologi, kimia, komputer, sampai ruang musik juga punya.  Meski tinggal di daerah terpencil yang gk memiliki hiburan berupa mall, tapi sejak jaman gwe kelas 2 SD anak2 disini sudah mahir memainkan komputer (waktu itu early 90’s loh ya, jgn disamakan sama sekarang), bahkan sudah ada yang punya alamat e-mail.  Anak-anaknya diberikan fasilitas antar-jemput bis sekolah.  Khusus SD, Bis sekolah diparkirkan menurut jurusan sehingga anak2 mudah mengetahui bis mana yang harus mereka naikki.  Bis-bis itu menjemput dan mengantarkan anak-anak ke halte-halte terdekat rumah mereka.

SMA Vidatra

Fasilitas keagamaan? Tersedia 3 Mesjid dan 2 gereja (tapi belum ada Pura😀 ).  Anak-anak PT. Badak cukup agamis karena dari kecil sudah diikutkan TPA (Taman Pendidikan AlQuran) atau aktif di kegiatan gereja.  Infrastruktur? ha, jangan tanya.  Jalan utama PT. Badak terdiri dari 6 lines, tp itu pun kalo di Kota besar sudah bisa dijadikan 8 lines.  Jalan di perumahannya bisa muat 3-4 mobil disejajarkan, padahal itu cuma untuk 2 lines mobil.  Terdapat juga Toko Jajanan Serba Ada (Tojasera) yang menjual kebutuhan sehari-hari yang dikelola oleh Persatuan Wanita Patra Bontang (PWP Bontang, perkumpulan istri2 karyawan).  Tiap sudut kompleks selalu ada taman dan daerah hijau. Bahkan masih ada sebagian hutan yang dibiarkan begitu saja.  Weker gwe tiap pagi dulu adalah jeritan uwak-uwak (sejenis monyet yang bersuara “uwak,uwak,uwaak…”) dan tiap sore masih bisa ngeliat babi hutan, burung bangau, dan monyet2 bermain di hutan yang ada. Tenaang…antara hutan dan perumahan dibatasi pagar ko!🙂 .

Masjid Al-Kautsar, salah satu dari 3 mesjid di PT. Badak

Salah satu sudut jalan perumahan PT. Badak

Satu lagi, PT. Badak sampai saat ini adalah satu-satunya pemilik Airport yang ada di Bontang.  Sampai-sampai PT. PKT pun harus numpang parkir pesawatnya disini.  Pesawatnya berupa Pelita Air Dash-7, berbaling-baling tp cukup hingga 40 orang.  Pesawat ini khusus dinaiki oleh orang PT. Badak.  Pesawat ini lah yang mengantarkan para pegawai dan keluarganya ke Balikpapan untuk melanjutkan perjalanan ke kota-kota besar luar kaltim seperti Jakarta, Surabaya, dll.  Jadi memang harus transit dulu ke Balikpapan karena pesawatnya gak akan mampu jalan jauh.  Karena dinaiki khusus orang2 PT. Badak, jadilah kalau sudah naik ini berasa naik mobil keluarga atau bis rombongan sekolah karena para penumpang saling ngobrol n berbagi gosip.😀

Pelita Air Dash-7 punya PT. Badak

Yah, begitulah sekelumit tentang PT. Badak.  Gak ada yang dilebih-lebihkan, semua apa adanya.  Tapi memang dibuat seolah dibangga-banggakan. Well, there’s nowhere else as beautiful as our own home town, rite?😉

Comments
  1. Wktu gw KP gw smpet takjub sama model2 perusahaan besar + kota mandirinya Chevron…
    Fasilitasnya moreless mirip…
    wktu itu gw tinggal 1 bulan dan very exiciting…
    tp lama2 bosen juga soalnya rada terisolasi dr dunia luar…
    Klo lo dari kecil disana ga bosen de?

    • Hmm…kalo bosen sih nggak kak. Palingan sebel krn kadang klo mau beli film2 atp cd2 terbaru harus keluar kota. Yaa..plgan ke samarinda atau balikpapan.
      Tapi selain itu,gk tuh. Senang,aman, tentram n nyaman.hahaha…
      Mungkin krn dari kecil kali y?

  2. iraa says:

    yoaaaan ini keren bgt loh kotanyaa.. bisa ga sih yg bikin kota ini ngebenahin jakarta dan bandung.. hehhee

  3. kris says:

    kota kelahiranku yang tercinta, aq rindu sekali padamu terlebih pada fasilitas2nya dan teman2 seperjuangan..kini semua tinggalah kenangan dan hidup keras di tanah jawa, hikssss…..

    sudah tidak adalagi ketenangan, kenyamanan, keindahan yang kurasakan seperti apa yang pernah kurasakan selama 18 tahun di kota ini, dan cukup bangga dirikuw pernah tinggal di kota hebad nan permai ini.

  4. ririn says:

    waaaaaaaaaaaaaaa…. kangen bontang!!!!
    siz, kapan kita ber-8 k btg bareng????
    biar sama2 poto2 disana+makan mba zuli, ehehehehehehe…

    ga pernah bosen, kemaren abis nostalgia ama eka, ehehehehe…

  5. mau tau lebih lanjut tentang pt badak,, kyak pemiliknya siapa??? karena ada yg ngaku bokapya yg pnya tanah dsana,kakeknya jadi kepala suku dbontang,pernah dengar tentang keluarga rangen???

  6. kid says:

    I’ve been there for 4 months..Dari nov 2008 – mar 2009 banyak kegiatan yg udah dilakuin di sana mulai dr nginep di sawokecik,mkn di mess hall,ikutan hash,fitnes (kayanya pernah liat situ latian cheer),melaut ke beras basa,nongkrong di PKT,taun baruan di town center,so many things i’ve done here and so exciting,nice place to live (d dlm komplek,klo dluar komplek mah miris abis fasilitasnya krasa njomplang)

  7. ervan says:

    wah inget waktu ane kelas 6 (1996 an) dulu main di PC5 t4 om gwe… skrg paling dah jadi petinggi di sono … nah wktu Kuliah Kerja praktik gwe kagak ksono tapi malah milih PERTAMINA UP6 BALONGAN yah hampir mirip dah kayak punyak e si Rhinos…

  8. yoes says:

    pesawatnya skrg bukan Dash-7, tapi ATR42…

  9. muhammadardy says:

    kalo mau kp disana gmana ya caranya ? tau gak … share dong terutama kontak nya gt..

  10. mrtaufik says:

    Yoan, itu pake lensa Sony lohhh … bisa gak aku jadi semi official testernya barang2 baru Sony di Indonesia?🙂

  11. christian charles says:

    H.O.P kpnjgannya : Home Ownership Plan(rencana kepemilikan rumah). di PT. Badak adalagi kompleks : Delta, Porta, AJ (Asian Jet), MHC (MH-nya Monkey Hill, C-nya gatau deh), dan trailer😀 Kolam renang-nya ada 3, di MPB(gedung serbaguna/multi purpose building), di Town Center, satu-nya di international school (disingkat internat). nama lain dari security = pamper ?? ada yg tau asal-usulnya? dan tiap lebaran selalu open house di rumah GM🙂 , tidak lupa kalau pulang sekolah selalu jalan2 ikut shuttle BUS (A,B,C,D) lumayan tinggal duduk doang udah bisa keliling kompleks sambil cuci mata. kenangan di bontang dulu. tambahan tempat belanja Commisary, biasa beli roti tawar lokasi commisary ada di sebelah lapangan baseball dan di deket danau HOP 2

  12. christian charles says:

    salam kenal juga, yoan. angkt brp? aku angkt. 02.

    klo pamper tu denger2 gosip asal kata pamp=jaga. (contoh : itu ada pak polisi lagi nge-pam) abis tu karena om security tugas-nya jaga akhirnya dibilang pamper. ehm.. temen2 vidatra yg lain mohon koreksinya..😀 ~dapat dari sumber yg kurang bisa dipercaya.

    koreksi kolam renang yg terakhir itu ada di recreation hall (rechall)

  13. PT Badak NGL. Fasilitas dan lingkungan benar-benar standar Internasional, masalah safety tidak usah ditanya lagi, semua dijalankan dengan penuh disiplin tidak bisa ditawar tawar lagi, alhamdulillah saya mendapat pengalaman kerja di Badak dan Arun tahun 90’an.
    Bangga deh…kalo sudah masuk kesana.

  14. Pungky Ramadhani Pamungkas Aminoto says:

    Kalo skrg bisnya udah kyk transjakarta gitu modelnya. Internet pun bisa download bergiga” sepuasnya sambil telponan. Mobil manager yg dulunya soluna skrg pajero. Mantep dah

  15. Maureen rantung says:

    This is the place that i miss the most.. Biar ga dr lahir dsna cm ngerasain 4 tahun tinggal dsna.. Ga ad kota lain yg bs gantiin kenangan,, kindahan, suasana, n rasa wktu kt tinggal d bontang.. It has been almost 10 years since my last visit to u bontang.. 1 day i’ll visit u again to capture some pretty place n those nice memory again inside… Misyu Komp Pt Badak Bontang

  16. Mirna says:

    klo saya mau kp bulan januari-feb.2015 tapi saya kirim proposal bulan ini bisa gak kira? kamu kirim proposalnya berapa lama?

  17. bachtiar arifin says:

    permisi om…mau tanya

    kenal sama siti khotimah anak dari pak dudin sholeh gak?aslinya dari kediri jatim,dulu pernah tinggal di PC 3 no. 85

  18. Said Hardiansyah says:

    born and grow up in Bontang…I’ve been lived here for about 18 years (graduated in 1998)…

  19. vita says:

    missing bontang so much … tanah kelahiran saya.
    missing vidatra so bad … walopun cm smp SD.
    missing my playgroup teacher … bu Min … spt keluarga (secara ibu saya dl jg guru SD vidatra).
    missing rechall … beef burger & chicken in the basket nya yummy !!

    wishing … kpn yaaa bisa ke bontang lg …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s