Agama-agama Dunia

Posted: April 14, 2010 in Reviews and Spoillers
Tags: ,

Bukannya gwe mau ngedaftar apa aja agama-agama yang ada di dunia ini. Tapi “Agama-agama Dunia” adalah sebuah buku yang baru gwe baca karangan Michael Keene.  Gwe mendapatkan buku ini dari mentor agama gwe.  Kebetulan dia bawa, jadi bisa gwe pinjem deh!

Buku ini membahas beberapa agama terbesar yang ada di dunia dan beberapa kepercayaan yang juga banyak pengikutnya.  Terbagi menjadi dua bagian, yaitu agama dan kepercayaan. Untuk agama-agama yang dibahas ada 6, yaitu :

  1. Hinduisme
  2. Yudaisme (Yahudi/Jew)
  3. Buddhisme
  4. Islam
  5. Kristen
  6. Sikhisme

Penulis menulis dari sudut pandang orang yang netral dan tidak ada maksud membanding-bandingkan (meskipun secara tidak sadar pasti akhirnya ngebandingin juga, tp itu semua diserahkan kepada pembaca).  Dari masing-masing agama dijelaskan asal-usulnya, bagaimana cara beribadahnya, bagaimana menjalani kehidupan sehari-hari, acara-acara keagamaan, kitab suci dan nabi yang dipatuhi, hingga perkembangan sampai saat ini.  Pembahasan tidak terlalu mendalam tapi sudah cukup memberikan gambaran.  Yah, namanya juga sudut pandang seorang yang netral.  Jadi benar-benar intinya saja.

Bagian kedua adalah Kepercayaan. Ada 5 kepercayaan yang dibahas, yaitu :

  1. Konfusianisme
  2. Taoisme
  3. Zoroastrinisme
  4. Shintoisme
  5. Kepercayaan Baha’i

Beda dengan Agama, Michael Keene tidak terlalu membahas secara mendalam untuk kepercayaan.  Hanya dibahas inti dari kepercayaan dan gambaran umum dari kepercayaan tersebut.  2 Halaman untuk tiap kepercayaan.  Tapi sebenarnya sudah cukup menggambarkan kepercayaan tersebut.

Kalau gwe perhatiin, sepertinya Michael Keene ingin mencari keterkaitan antara agama-agama dunia atau antara kepercayaan-kepercayaan.  Bagus juga sih, karena dengan ini hanya diperlihatkan sisi positif dari suatu agama atau kepercayaan tertentu sehingga tidak menimbulkan SARA.

Secara pribadi, banyak yang gwe dapatkan dari buku ini.  Gambaran menyeluruh dan netral dari tiap agama termasuk melihat bagaimana agama gwe dipandang.  Selain itu, gwe juga mendapat gambaran bagaimana kepercayaan-kepercayaan yang ada.  Gwe jadi tau lebih tentang kepercayaan yang sudah sering gwe denger seperti konfusianisme,taoisme, dan shintoisme.  Dan gwe pun mendapat pengetahuan tambahan tentang jenis kepercayaan yang gwe gk pernah denger sebelumnya.  Yah, untuk mengisi waktu luang buku ini gak rugi untuk dibaca ko😉

Comments
  1. nadiafriza says:

    kalo atheis n agonostik masuk kemana yo? ga diakui ya?

    • atheis itu tidak mengakui tuhan bukan??
      kalo yang dari gwe baca, semuanya mengakui adanya tuhan, mungkin emang hakikat agama itu seperti itu…
      agonostik tu yang kaya apa y nad?

  2. go_blog says:

    Pada awalnya, semua agama yang diturunkan Tuhan ke dunia ini mempunyai satu inti, TAUHID!
    Kemudian, inti agama itu rusak karena manusia mulai menuhankan sesuatu yang ada di dunia.
    Agama sejati tidak hanya mengatur urusan individu, namun juga masyarakat dalam setiap aspek.
    Karena itu, barang siapa yang menjaga kemurnian agamanya seperti pada saat diturunkan di

    dunia ini adalah orang-orang yang mendapat keselamatan.
    Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan petunjuk dan keselamatan kepada kita semua.

    [1ND0N3S14_90_KH1L4F4H]
    [“Begin The Revolution with Basmallah”]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s