Kalo saya mengingat nenek saya yang sudah meninggal, saya akan mengingat segala cerita-ceritanya tentang teman-temannya yang dari Belanda.  Atau pun ungkapan-ungkapan dalam bahasa Belanda (yang saya lupa apa aja L ). Hanya ada satu ungkapan yang selalu saya ingat, “lekker!”. Yak, Lekker.  Atau dalam bahasa indonesianya “Enak”.  Nenek saya selalu menngucapkan ini kalo lagi makan masakan mama di rumah (emang mama kalo masak selalu enak sih!hehehe, subjektif sekali saya😛 ). Atau memakan masakan Belanda yang membangkitkan kenangan-kenangan masa mudanya dulu.  Apa saja ya makanan Belanda? Coba deh baca contoh-contoh dibawah ini, siapa tahu anda termasuk yang sering mengkonsumsinya tapi tidak tahu kalau itu adalah salah satu “penemuan” Belanda?😀

Kalau dipikir-pikir, cukup banyak masakan belanda yang saya kenal dan termasuk sering saya makan.  Well, paling tidak, sering terhidang di meja makan saya, terutama sebagai kudapan.  Nenek saya dengan senang hati selalu memasakkan saya Panekuk.  Kue ini seperti dadar tipis atau mungkin versi belandanya Pancake (lihat saja bahasanya, mirip-mirip lah ya…:P ).  Tapi bedanya dengan pancake, Panekuk ini tipis sehingga bisa digulung dan diisi macam-macam.  Karena keluarga saya pecinta coklat, nenek saya selalu membuat Panekuk dari bahan dasar coklat sehingga warnanya sendiri yang harusnya berwarna kuning, seperti pancake, menjadi warna coklat.  Saya paling suka memakannya jika digulung dan diisi buah dan vla. Hmmm…segar!

Panekuk isi Vla

sumber gambar klik disini

Belum lagi BitterbalenKudapan berbentuk bulat dan diisikan daging ini pantas banget dijadikan kudapan sore.  Klappertaart? Kalau sering ke Bandung pasti sering deh melihat beberapa tempat yang menjual kue ini.  Kalau diartikan dari nama kuenya sih, Tart Kelapa, atau kue Kelapa.  Makan selagi dingin. Aduuuh, segar banget.  Belum lagi variasi dari mama yang membuat Klappertaart dengan perasan air pandan. Fuh, tidak sanggung nolak deh😛 !  Oya, siapa sih yang tidak tahu Poffertjes? Makanan dengan bahan dasar seperti panekuk tapi dicetak bulat-bulat ini biasanya dimakan dengan taburan gula halus.  Untuk makanan sore, sambil nonton acara gossip atau sambil bergosip sekalian, dijamin makin seru! Hehehe…

Bitterballen

Klappertaart dengan perasan air pandan

Satu lagi, siapa cobaaaa yang tidak kenal Kaastengel? Saya yakin, kue ini selalu terpajang di ruang tamu anda tiap lebaran.  Kue kering yang terbuat dari keju, keju, dan keju ini memang sudah menjamur di masyarakat Indonesia.  Saya sangat bersyukur karena mendapat resep turun-temurun dari oma saya.  Oma dan mama saya selalu menekankan, jangan mengaku memasak Kaastengel kalau tidak memakai Mentega Wisman dan Keju Edam.  Mentega wisman adalah mentega putih dan keju edam adalah keju yang biasa ditemukan di supermarket berbentuk bulat dan dibungkus dengan kertas merah (biasanya dijual utuh atau dipotong setengah hingga seperempat). Jadilah Kaastengel bikinan saya adalah Kaastengel yang sangat keju dan dijamin sekali makan tidak mungkin hanya satu batang Kaastengel, pasti lebih!😀

Kaastengel beserta bahan termasuk Mentega Wisman dan Keju Edam

Foto Bitterbalen, Klappertaart, dan Kaastengel adalah koleksi pribadi mama saya dan dapat dilihat disini

Menurut saya, kue-kue khas Belanda tidak terlalu membutuhkan keahlian khusus untuk membuatnya.  Bahan-bahannya pun cenderung sama dan mudah didapatkan.  Tapi, rasanya boleh diadu!  Saya jadi sangat tertarik untuk melihat pengolahan makanan langsung di Belanda.  Baik yang dibuat di rumah, di toko kue, ataupun pabrik-pabrik pengolahan makanan. Seru kali ya melihat langsung pengolahan keju edam atau melihat ibu-ibu Belanda bikin kue? Kalau seandainya Belanda dulu tidak datang ke Indonesia dan tidak membagi-bagikan resepnya ke kita, bisa-bisa sajian di meja saat lebaran berkurang? hehehe…

Anda sendiri bagaimana? Makanan Belanda apa yang paling anda sukai?

PS : Mau resep? tuliskan saja resep yang anda inginkan di bagian komen, lalu akan saya kirimkan resep via e-mail anda🙂

Comments
  1. nadiafriza says:

    tentang makanan yaa..? ga jauh beda lah kita hehe ;p
    wish us luck yo!

  2. CangPa says:

    Emang bener kok…Lekker….iyaa kan…?

  3. Widya Dista says:

    nice post !!! jadi ngiler n lapeerr,,, hehhe :p

    bener bgt ya klo belanda gk dateng ke Indonesia dulu kita gk bakal kenal yang namanya panekuk, malah di padang jadi panekuik hehhe..

    mau nyari makanan2 itu aah!!!..

    thanks yaa infonya..

  4. in-tea says:

    Mauuuu… aku mau semua resep semua yg ada disini…

  5. angie says:

    boleh minta resep kue lekker sama poffertjes donk.thx ya

  6. Devi Yuliani says:

    Bagi resep panekuk coklat isi vlany donk….dr fotony keren bgt psti rasanya enak…

    Sma kaastengel….

    Thanks ya sebelumnya…

  7. delima rivianingrum says:

    aku mau resep semuanya yg lengkap…kap…kap ya

  8. Sisca says:

    Mbak/Kak

    Boleh dong bagi resep bitterballen and kaastengels nya🙂
    Saya dari dulu pengen bisa buat bitterballen tapi ga ngerti yg enak yang gimana…
    makasihhh yaaa🙂

    Nice blog and kudapan nya😀

    S

  9. noorma says:

    aku mau resep semua nya ya…:)
    jadi ngiler.

  10. Tata says:

    bagi resep kaastengels, panekuk dan bitterballen nya donk…enaaakkk kayaknya..tks

  11. lenny says:

    mba….boleh minta resep panekuk isi vla coklatnya n kaastengelsnya…sepertinya menggiurkan….makasih ya mba

  12. hipni says:

    kirimin donk resep kue2 lekkernya….

  13. angela says:

    mba…bisa minta resep panekuik asli padang gak? yang waktu makan gak perlu pakai vla dah enaaak bangeeet

  14. Endah says:

    Mbak, mau resepnya… Makasih…🙂

  15. ria says:

    Mba cantik,mauuu bgt dong dikasih resep2 yg diatas ,,makasiiih bgt lho ,,bagiii yaaa #ngarep.com

  16. ria says:

    Mba mau donk resep2 diatas. Makasiii hehehhee

  17. senna andriansyah says:

    Klo resep Classic Poffertjes tau gak vrohh, klo tau saya minta resep nya dong saya mau nyoba buat dirumah🙂

  18. Arya Pameling says:

    kalo boleh bisa mengintip resep khas cemilan belanda, untuk tambahan menu support vintage cafe yang sedang kami siapin di salah satu cagar budaya surabaya.

  19. Natalia says:

    Halo..bolehkah saya minta resep kaastengel khas Belandanta

  20. Debi Tenri Bali says:

    Wah, kelihatannya enak banget, apalgi kalau udah dimakan. Aku mau resep yang lengkap dong kak. Makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s