Taman Kupu-kupu Cihanjuang

Posted: April 21, 2010 in Lifestyle, Travelling and Culliner
Tags: ,

Pertama kali denger tempat ini dari Senia yang dengan semangatnya menceritakan tentang taman kupu-kupu Cihanjuang.  Langsung lah gw googling dan mendapatkan beberapa info tentang taman ini.  Dan rasa penasaran pun timbul…

Pada suatu Rabu yang cerah karena tidak ada kuliah, gwe minta ditemani oleh Senia untuk beli titipan bokap ke Rumah Mode dan Chelsea DVD.  Memang setelah itu kita berniat jalan-jalan tapi bukan ke taman kupu-kupu Cihanjuang melainkan ke Kota Baru Parahyangan. Ngubek-ngubek Rumah Mode pada weekdays jauh lebih menyenangkan dibanding waktu weekend yang berhasil menyulap Rumah Mode seperti Gazibu.  Sayang titipin bokap gak ada alias kehabisan. Tapi justru gwe yang berhasil mendapatkan 1 kaos lengan panjang dan 1 jaket tipis yang bisa dipakai di cuaca apa saja😛 Setelah dari Rumah Mode kami pun ke Chelsea untuk membeli DVD 24 titipan bokap.  Saat membayar pun kami masih membayangkan Kota Baru Parahyangan.  Sayangnya, begitu menuruni tangga Chelsea, tiba-tiba, seperti biasa, secara spontan, Taman Kupu-kupu Cihanjuang pun muncul di kepala.  Dan dasar Senia yang sejenis aja sama gwe, kami pun mengubah haluan dari Kota Baru Parahyangan jadi ke Taman Kupu-kupu Cihanjuang. Kami pun berangkat dengan pedoman alamat yang di dapat dari Internet dan peta yang selalu ada di mobil gwe.

Taman kupu-kupu Cihanjuang ini beralamat di Jalan Raya Cihanjuang Km 3,3.  Berdasarkan alamat dan peta, kami tampaknya diarahkan untuk melewati Cimahi sebelum berhasil mencapai Cihanjuang.  Ke arah Cimahi sih gampang, tapi dari Cimahi mencari jalan raya Cihanjuangnya itu yang ribet.  Gara-garanya, banyak jalan yang searah dan harus muter-muter.  Kami pun sempet kelewatan jalan Cihanjuangnya karena ternyata dari depan jalan itu termasuk jalan kecil.  Tapi makin masuk ternyata jalan makin (sedikit) melebar.  Kami pun meraba-raba km 3,3 seperti yang disebutkan di alamat.  Anehnya, sepanjang jalan Cihanjuang itu kami tidak menemukan petunjuk adanya Taman Kupu-kupu, yah, paling tidak informasi yang mengatakan berapa km lagi yang harus ditempuh.  Akhirnya kami pun celingukan melihat alamat-alamat yang terpasang di gedung-gedung sepanjang jalan (setelah lewat berapa km, beberapa gedung terus menulisknan “km 2,5”, seolah-olah kami tidak maju-maju😕 ).  500 meter mendekati taman kupu-kupu baru lah kami menemukan papan yang menyebutkan letak taman tersebut yang berada sekitar 500 m lagi.  Daaannnn…sampai lah kami di Taman Kupu-kupu Cihanjuang

Taman Kupu-kupu Cihanjuang punya tempat parkir yang gedeeee banget. Tapi sayang masih kerikil.  Lagian, tampaknya memang kompleks taman kupu-kupu cihanjuang masih dalam proses penyelesaian pembangunan deh.  Kafenya aja belum buka dengan layak.  Tapi yang lucu, di parkiran gwe menemukan gerobak ini :

Harus pasang internet dulu nih baru bisa mesen?😛

Pantesan gak ada yang jaga, mesennya aja harus online! harusnya di pasang email,ym, atau pinnya nih..😆

Untuk masuk ke taman kupu-kupunya, kami harus melewati toko souvenir terlebih dahulu.  Ternyata para kupu-kupu itu dibiarkan bebas di alam terbuka yang hanya di batasi jaring-jaring dengan lingkungan bebas.

Pintu masuk menuju taman kupu-kupu

Untuk masuk ke tamannya, kita diwajibkan untuk membayar sebesar 10.000 sudah termasuk tiket masuk, peminjaman topi, dan voucher untuk segelas minuman di kafe (yang belakangan diketahui ternyata segelas Tjampolay…asooyy!😆 ).  Tapi menurut kabar terakhir, Harga tiket masuk Taman Kupu-kupu sejak bulan mei Rp.20.000,-/orang anda akan mendapatkan souvenir PIN atau Air mineral.  Sedangkan tiket masuk ke PLayground Rp.10.000,-/orang.  Di dalam sana ada sekitar 28 jenis kupu-kupu yang dibiarkan terbang bebas dan berkembang biak seperti di habitat aslinya.  Jadi sebenarnya masuk ke taman kupu-kupu juga sama saja masuk ke taman bunga.

Taman Kupu-kupu + Senia yang sok imut😛

Di dalam taman itu, kita seolah-olah masuk dunia kupu-kupu karena di sana mereka dengan cueknya lewat-lewat gitu aja di depan kita.  Hinggap sana, hinggap sini.  Bahkan di sana kita juga bisa melihat perkembangan mereka mulai dari kawin (gwe bener-bener ngeliat kupu-kupu kawin!), telur kupu-kupunya, ulat, kepompong yang di pohon maupun di penangkaran, hingga kupu-kupu yang baru keluar dari kepompong dan masih basah sehingga belum bisa terbang.  Yang seperti ini lah yang bisa dengan mudah kita pegang atau kita taruh di tangan kita.

 

Kupu-kupunya kawin. Hm, pornografi gk nih?😛

Tempat penangkaran kepompong + kupu-kupu yang baru menetas

Disini juga ada macem-macem ulet.  Keren-keren loohh..

 

Ulet 1😀

ulet 2😛

Ntah apa nama uletnya.  Tapi katanya kalau dipegang sih gak bikin gatel.  Gwe ogah megang, bentuknya sangar boooo…

Oya, ini nih foto-foto untuk kupu-kupu yang berhasi tertangkap kamera😀

Kupu-kupu A😛

Kupu-kupu B😛

 

Kupu-kupu C😛

sorry booiii….gwe gak hapal jenis-jenis kupu-kupu dan nama-nama ulet…hhehhee…

Ada yang tertarik mau mengunjungi??

Comments
  1. dwi says:

    saia suka kupu..
    tolong di tambahkan lg informasi tentang parasitoid yg menyerang tiap fase kupu2nya, mkc…

  2. hadianirahmi says:

    Kupu – Kupu A : Chetosia hypsea
    Kupu – kupu B : Papilio palinurus
    Kupu – Kupu C : Ornitophera preamus (male)

    ulet 1 : Doleschallia besaltidae
    ulet 2: Attacus atlas

    itu nama kupu2 dan uletnya,, sekedar nambah info biar tulisan ini lebih mantapp..

    salam kupu,
    hadiani.rahmi

  3. artfirman says:

    tengkiu…infonya… pake kamera sony ya?….🙂

  4. azis maulana says:

    wow baru tau
    salam kupu2 juga

  5. Waduh Non, denger ceritanya kayaknya menarik bgt nich.
    Saya sangat tertarik untuk mengunjungi taman kupu-kupu ini. Tulung bantu aku donk lewat email di atas ya.

    Kalo dr Jakarta berarti saya lewat tol cilenyi dan keluar Cimahi gitu ya?
    Apakah kupu-kupunya diternakkan secara musiman atau sepanjang waktu ada terus?
    Ada no tlp yg bisa dihubungi ga? Minta donk.

    Makasih infonya ya.
    Medi.

  6. cecep says:

    oke aku kapan2 ingin mengiunjungi & membawa tamu sebanyak mungkin , untuk menunjukkan betapa kaya indonesia tentangt flora & faunanya,,,, salam kupu

  7. cecep says:

    oke banget cooy……

  8. oke banget cooy…. tlg dibantu yach,,,,, kalo aku ke sana . tunjukin dong jalannya kalo aku dari rumah mode arah nya

  9. tari says:

    Harga tiket masuk Taman Kupu-kupu sejak bulan mei Rp.20.000,-/orang anda akan mendapatkan souvenir PIN atau Air mineral. Tiket masuk ke PLayground Rp.10.000,-/orang

  10. dedi says:

    ada kupu-kupu yang sudah diawetkat gak disana ?

  11. bimo says:

    bulan ini ato bulan depan aku akan kesana,hehehehe

  12. wow.. kerenn sekaliii😀
    akhir weekend ini saya mau kesana..😀
    wahh gmn ya kalo saya tidak ada kendaraan pribadi kesana..
    apakah ada transportasi umum menuju kesana?

    terima kasih🙂

  13. aldo says:

    mau tanya, jauh bngt ga yah kalo dari terminal ledeng, kira2 brapa kilo dan brapa lama waktunya ? ditunggu yaa jawabannya tthhxxxx

  14. budhi susatyo says:

    Kerrreeennnn, orang Bandung nggak ada matinya soal kreativitas !!!!!

  15. Ada juga taman kupu-kupu keren namanya GITA PERSADA di Lampung, harga tiket Rp. 15.ooo aja, hanya 15 menit dari kota Bandar Lampung, daerah Kemiling…denger-denger ini taman terbesar ke dua setelah Bantimurung di Sulawesi Tenggara. so…ayo…tunggu apa lagi….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s