Apa sih yang kalian pikirkan pertama kali ketika mendengar nama “Belanda”?? Kincir angin? Bunga Tulip? Sepak Bola? Keju? Atau sekolah-sekolah ternama yang melahirkan banyak seniman,insinyur, dan ahli-ahli di bidang lainnya? Yap, semua ada di Belanda.  Mulai dari berbagai macam tujuan wisata, keunikan arsitektur, hingga universitas-universitas yang menyediakan berbagai macam pilihan bidang studi.

Coba deh, kalau bicara tentang tujuan wisata, wuih…gak habis  seharian buat ngomonginnya.  Bisa jadi, langsung ini yang kalian bayangkan

The Mills at Kinderdijk

sources : http://www.holland.com/global/thingstodo/attractions/unesco/kinderdijk.jsp

Yap, Kincir Angin tentu saja! Sebenarnya, awal mula kincir angin itu darimana ya?? Kincir Angin mulai ada di Belanda sejak abad 13.  Waktu itu banyak area di negara ini yang berada di bawah air.  Jadi, dengan menggunakan kincir air yang berada di dalam bangunan kincir angin tersebut, air yang ada di tanah Belanda dialihkan, disalurkan dan dibendung.  Nah, tanah yang basah dikeringkan dengan kincir angin.  Untuk sekarang sih, kincir angin banyak dipergunakan sebagai sarana pembantu bidang pertanian dan industri.
Kincir angin yang paling terkenal di belanda adalah kincir angin yang terletak di Kinderdijk.  Malah, kincir angin tersebut menjadi salah satu Unesco’s World Heritage.  Kalau jalan-jalan ke Belanda, tentu saja wajib mengunjungi tempat satu ini.  Apalagi kalau bisa melihat saat kincir angin tersebut beroperasi.  WOW!  Oya, kincir angin juga banyak ditemukan di tempat lain selain di Kinderdijk dimana masing-masing punya keunikan sendiri, misalnya :

  1. The Zaanse Schans
  2. The stilling mills of Schiedam
  3. The post-mills of Heusden
  4. The Schermer Museum Mill

Pernah mikirin gak, kenapa sih Belanda identik dengan warna Oranye?? Bahkan sampai seragam sepak bolanya aja berwarna oranye.  Semua ya karena bunga tulipnya!

Bunga tulip ciri khas Belanda

Source : http://www.holland.com/global/thingstodo/typical/tulips/keukenhof.jsp

Pada waktu-waktu tertentu, Belanda menawarkan keindahan alamnya berupa berbagai macam bunga yang mewarnai tiap sudut taman kota-kota belanda.  Kalau memang mau menikmati bunga-bunga khas belanda, coba deh kunjungi The Kaukenhof . Katanya nih, di sini terdapat 2700 pohon, dan dengan area seluas 32 Ha yang penuh dengan Tulip, Hyacinths, daffodils, dan berbagai macam bunga musim semi lainnya. Dan yang lebih hebatnya lagi, tiap tahun lebih dari 7 juta bunga ditanam di taman Kaukenhof ini. Wuiihh..kebayang gak tuh gimana indahnya?

Kalau gak beli keju di Belanda, kayaknya belum disebut sudah ke Belanda deh.  Keju memang merupakan salah satu produk khas Belanda.  Sampai-sampai, leluhur kita dulu selalu menyebutkan, kalau orang yang suka makan keju itu keturunan “londo”.  “Londo” disini ya maksudnya Belanda Dimana ya tempat yang menjual berbagai macam olahan keju yang di sangat dibanggakan oleh masyarakat belanda ini? Jawabannya ya Alkmaar’s cheese market!

Alkmaar's Cheese Market

Source : http://www.holland.com/global/thingstodo/typical/cheese/alkmaar.jsp

Keju-keju yang dijual disini dikhususkan untuk turis looh! Liat aja tuh, ada berpuluh-puluh ton keju yang digelar di sini.  Selain itu di sini juga ada cheese museumnya.  Oya, dua orang yang membawakan keju itu sebenarnya salah satu atraksi yang ditawarkan di Alkmaar (mungkin seperti atraksi pergantian penjaga di istana inggris).  Biasanya, kita dapat menyaksikan “pegelaran” keju beserta atraksi pembawa kejunya tiap musim panas mulai dari pukul 10 a.m – 12 p.m tiap hari jumat.  hmm, ko gak lumer ya kejunya dijereng gitu di pelataran pada musim panas??😕

Satu lagi deh…pernah ngerasain jadi raksasa gak? di Belanda, tepatnya di Den Haag, kita bisa ngerasain jadi raksasa di Madurodam

The Madurodam

Source : http://www.sangmane.com/2009/best-places-to-visit-in-holland/

Seru yaaa…..masih banyaak banget loh tempat-tempat yang bisa dikunjungin di Belanda.  Mungkin karena arsitektur dan perancangan tata kota dari belanda ini merupaka salah satu yang terbaik di dunia.  Rasanya tiap sudut kota-kota di  Belanda menawarkan keunikan.  Lihat aja deh contohnya di Indonesia, atau di Bandung.  Banyak bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang masih awet dan terkesan megah hingga sekarang.

Kalau banyak begitu tempat yang wajib dikunjungi gimana caranya agar bisa mengunjungi semua ya??? Tentu saja dengan tinggal di sana! Kalau bingung mau ngapain disana, gak kepikiran mau kerja apa selama tinggal di sana, ya gampangnya, sekolah aja di Belanda! Tenang aja, Belanda ini punya segudang universitas dengan pilihan jurusan yang beragam dan termasuk universitas terbaik di dunia. Apa aja ya universitas yang ada di Belanda ?

Amsterdam University

Amsterdam University

Source : http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/c/ca/Uva.JPG

Di universitas Amsterdam, banyak program studi yang menawarkan program dengan pengantar bahasa inggris.  Jadi tidak perlu khawatir untuk berbicara dengan meneer-meneer di sana. Hehehe… Beberapa fakultas  yang terdapat di universitas ini adalah :

  1. Faculty of Dentistry (Kedokteran Gigi)
  2. Faculty of Economics and Business (Ekonomi dan Bisnis)
  3. Faculty of Humanities (Humanioria)
  4. Faculty of Law (Hukum)
  5. Faculty of Medicine (Kedokteran)
  6. Faculty of Science (Sains)
  7. Faculty of Social and Behavioural Sciences (Sosial dan Psikologi)

Kalau mau informasi lebih lanjut bisa langsung mengunjungi www.uva.nl

Vrije Universiteit

Vrije Universiteit

Source : http://www.fascination-of-light.net/campaign/past-events/amsterdam

Terjemahannya, Free University😀 Terletak juga di kota Amsterdam.  Untuk bahasa pengantar bahasa inggris hanya ada untuk program master yang memang di tujukan untuk mahasiswa asing.  Sedangkan untuk program sarjana, bahasa pengantarnya adalah bahasa Belanda.  Program studi yang ditawarkan banyak juga loh…

  1. Arts
  2. Dentistry
  3. Earth science and life science
  4. Economics and business
  5. Human movement
  6. Law
  7. Medicine
  8. Philosophy
  9. Psychology and pedagogy
  10. Exact science
  11. Social science
  12. Theology

Mampir-mampir aja ke situs resminya di sini

Groningen University

Groningen University

Source : http://www.nekir.pl/index.php?l=id&q=Universitas_Groningen

Universitasi yang terletak di kota Groningen ini termasuk yang tertua kedua di Belanda loh.  Ada program sarjana, master, doktoral hingga pindahan untuk tiap fakultas.  Selain itu, Groningen University menawarkan kursus singkat bersertifikat.  Universitas ini termasuk tiga terbaik dalam bidang ecology, material sciences, kimia, dan astronomi. Situs resminya ada di sini.  Fakultas yang ditawarkan adalah :

  1. Economics and Business
  2. Behavioural and Social Sciences
  3. Theology and Religious Studies
  4. Arts
  5. Medical Sciences
  6. Law
  7. Spatial Sciences
  8. Philosophy
  9. Mathematics & Natural Sciences

Erasmus Rotterdam University

Erasmus Rotterdam Universiteit

Source : http://wiki.verkata.com/en/wiki/Erasmus_Universiteit

Untuk yang tertarik dengan bidang kedokteran dan bisnis, bisa mencoba belajar di universitasi ini.  Bidang Medicine and Health Sciences berlokasi di Erasmus Medical Center (MC) dan merupakan akademi kesehatan terbesar di Belanda. Sedangkan sekolah bisnis yang dimiliki universitas ini, Rotterdam School of Management, adalah sekolah bisnis terdepan di Eropa. Situs resminya terdapat di sini. Selain itu, universitas ini juga memiliki fakultas Law, Culture and Society.

Universitas Utrecht

Universiteit Utrecht

source : http://embraceourselves.files.wordpress.com/2009/04/utrecht.jpg

Universitas ini terletak di kota Utrecht.  Universitas ini merupakan universitas terbaik sekaligus tertua dan termasuk yang terbesar di Belanda.  Fakultas-fakultas yang terdapat di sini adalah :

  1. Faculty of Humanities
  2. Faculty of Law, Economics and Governance
  3. Faculty of Geosciences
  4. Faculty of Social and Behavioural Sciences
  5. Faculty of Science
  6. Faculty of Medicine / University Medical Center Utrecht (UMC Utrecht)
  7. Faculty of Veterinary Medicine

coba deh di cek situs resminya www.uu.nl

Delft University of Technology

The grass roof at Delft University of Technology's Library

Source : http://yalun.wordpress.com/2008/11/01/delft-university-of-technology/

Nah, kalau yang tertarik di bidang teknik, disinilah tempatnya.  Universitas ini merupakan universitas teknologi terbesar di Belanda.  Universitas ini menggunakan European Credit Transfer System (ECTS), semacam Sistem Kredit Semester kalau di Indonesia. Setahun mendapatkan 60 ECTS, dengan total 180 ECTS pada program sarjana. Waw, di ITB saja “hanya” menggunakan 144 sks. Fakultas-fakultas yang ada untuk barchelor (B.Sc) adalah :

* Aerospace Engineering
* Applied Earth Sciences
* Applied Mathematics
* Applied Physics
* Architecture
* Civil Engineering
* Computer Science
* Electrical Engineering
* Industrial Design Engineering
* Life Science & Technology
* Marine Technology
* Mechanical Engineering
* Molecular Science & Technology
* Systems Engineering, Policy Analysis & Management

Untuk masing-masing fakultas tersebut, juga ditawarkan program master (M.sc). Coba saja cek dulu situs resminya di sini

Masih banyak lagi universitas-universitas terbaik belanda lainnya.  Yang perlu diperhatikan adalah, bagaimana masyarakat belanda mengimplementasikan keilmuan yang telah mereka miliki ke kehidupan sehari-hari.  Sekarang saja Belanda sudah terkenal dengan bidang arsitektur dan perancangan kota, belum lagi kehidupan sosialnya, dan tentu saja seni dan budayanya yang unik dan terus berkembang.  Semua ini tentu saja dikarenakan peran serta dari perguruan tinggi – perguruan tinggi yang berlomba-lomba menciptakan didikan yang unggul dibidangnya. Mungkin kalau tidak diterapkan budaya yang seperti itu, tidak bisa kita rasakan inovasi-inovasi belanda saat ini.

Weleh, benar kan? tidak akan cukup satu post untuk menceritakan tentang Belanda.  Mulai dari objek-objek wisata yang unik yang hanya dapat ditemukan di Belanda dan asli penemuan mereka sendiri, atau dari hasil karya seni ciptaan seniman belanda seperti Van Gogh, atau mungkin dedikasinya terhadap ilmu pengetahuan.

Sendainya saja bisa tinggal di Belanda…..😀


Comments
  1. wow…lengkap banget…keep posting🙂

  2. ririnpalada says:

    teman-teman bilang, Belanda itu bisa jadi tempat kuliah sambil jalan-jalan.bener banget yah ?🙂

  3. nadiafriza says:

    oh erasmus mundus itu belanda ya? ato salah..? huhe
    nice post yo🙂

    • hmm..bukannya erasmus mundus itu nama program beasiswa ya nad??
      gk ada hubungannya sama erasmus yang ini, tapi cuma namanya aja yang diambil dari seorang tokoh bernama erasmus (yang katanya hobi sekolah dimana2,hahahha!)

  4. lhara says:

    weeh,,
    seru bener ya di_belanda,,,jdi pngen tnggal dibelanda deh…
    tpi kpN ya bisa kebelanda,…!!!

  5. rachmawan says:

    nice posting…kebetulan lagi cr info tentang amsterdam….bisa kasih info lebih ga pak? trims🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s