Sebagai mahasiswa Teknik Industri gwe termasuk bersyukur karena memiliki banyak kesempatan untuk mengunjungi banyak industri di Indonesia ini.  Mulai dari program kunjungan industri dari kampus (baik acara Lab ataupun himpunan), Kerja Praktek, hingga acara KulKer yang waktu itu merupakan acara angkatan. Sampai saat ini sudah 9 perusahaan yang pernah saya kunjungi.

PT. Badak NGL Co
Tinggal di komplek PT. Badak masak gwe gak pernah sama sekali mengunjungi pabrik? gak mungkin lah! SD gwe dulu punya program Plan Visit untuk anak-anak kelas 6.  Salah satu program yang gwe tunggu dengan gak sabar.  Gwe juga agak-agak lupa apa aja yang waktu itu gwe liat.  Seingat gwe, kami masuk ke ruangan kontrol, melewati kilang-kilang dan melihat kapal tangki pembawa gas dari jarak yang cukup dekat (lebih dekat dibanding melihat dari pantai seperti yang biasa gwe lakukan dulu).  Kami dijelaskan bagaimana pemrosesan yang terjadi, mulai dari pengambilan bahan mentah hingga pengiriman.  Bayangkan aja anak SD dikasi tau begitu, ya mana ngerti lah gwe…gmana mau inget yah?😛

PT. LG Electronics Indonesia

Gwe bukan hanya mengunjungi perusahaan ini, akan tetapi berkesempatan untuk Kerja Praktek disini.  Berkat on Heri, gwe pun dengan mudahnya diterima di perusahaan ini sebagai mahasiswa PKL.  Selama sebulan penuh gwe n Nad bolak-balik untuk menyelesaikan Kerja Praktek ini, mulai dari ambil data hingga bergosip dengan para pekerja di sana.  Kehidupan gwe di LG bisa dilihat di sini
PT. LGEIN yang terletak di Kawasan Industri Cikarang ini memproduksi barang elektroniks media seperti DVD player, Blue-ray player, hingga display seperti TV, monitor dan sebagainya.  Pabriknya sendiri terbagi dua menjadi Media Factory dan Display Factory.  Perusahaan ini sangat luas dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang untuk pegawainya.  Oya, PT.LGEIN ini berbagi kompleks dengan PT. LP Display yang memproduksi CRT.

PT. INKA

Gwe mengunjungi PT. INKA sewaktu kulker bersama teman-teman 1 angkatan.  Waktu itu PT. INKA adalah perusahaan pertama yang kami kunjungi. PT. INKA ini terletak di kota Madiun.  Sayang sekali, waktu gwe ke sana gw gak bisa ngeliat seluruh proses pembuatan kereta api.  Yang waktu itu bisa gwe lihat adalah proses pengecatan kereta dan pemasangan perabot dalam kereta.  Entah kenapa sewaktu berkunjung tidak terlihat banyak yang bekerja.  Kalau tidak salah, PT. INKA membuat kereta berdasarkan pemesanan, apa waktu itu memang sedang tidak ada pesanan ?  Kegiatan waktu gwe di PT. INKA bisa dibaca di sini😀

PT. PAL

PT. PAL Indonesia termasuk salah satu perusahaan yang gwe kunjungi waktu kulker kemarin.  Lokasi Perusahaan di Ujung, Surabaya, dengan kegiatan utama memproduksi kapal perang dan kapal niaga, memberikan jasa perbaikan dan pemeliharaan kapal, serta rekayasa umum dengan spesifikasi tertentu berdasarkan pesanan.  Waktu kami kesana, yang paling dibanggakan adalah Star 50 dengan luas 2x lapangan bola.  Perusahaan ini luaass banget (gwe lupa tepatnya), kami pun harus naik bis saat berkeliling perusahaan dan melihat galangan kapal mulai dari kapal niaga hingga kapal perang.  Baca ini deh kalo mau tau ngapain aja waktu gwe ke sana.

PT. Petrokimia Gresik

Ini adalah perusahaan ketiga yang kami kunjungi waktu kulker kemarin.  Suasananya seperti di Bontang deh. Perusahaan ini memiliki kompleks perumahan sendiri. Lengkap dengan sekolah dan rumah sakitnya.  Kami diantar berkeliling dengan bus ke tempat-tempat pengolahan pupuk.  Ada semacam gedung yang terbuat dari seng-seng, tinggi dan terkesan sangat panas.  Gwe gak kebayang gmana rasanya kerja di dalam sana meskipun si pemandu waktu itu bilang kalo di dalam sebenarnya cukup dingin.  Yang gwe ingat, di perusahaan ini memiliki semacam konveyor raksasa yang mengangkut bahan baku dari pantai ke pabrik.  Perusahaan ini memiliki luas 400 Ha. Ini nih pengalaman gwe waktu berkunjung ke sana.

House of Sampoerna

Meskipun yang gwe kunjungi adalah museumnya, tapi di belakang museum tersebut kita masih bisa melihat bagaimana sampoerna memproduksi rokoknya.  Semua menggunakan baju yang sama dan bergerak dengan gerakan yang sama dan rata-rata kecepatan yang kurang lebih sama.  Seperti robot deh…agak kasian juga ngeliatnya, tapi mengingat pembayaran dibayar sesuai dengan rokok yang dibuat, jadilah seperti itu. Kabarnya dulu pernah dibuat dengan mesin, tp citarasa dari rokok yang dibuat dengan mesin tidak seenak yang dibuat secara manual.  Uniknya, museum ini terletak di tengah kota, tapi ternyata di belakangnya terdapat pabrik rokok yang tidak terlihat dari depan.  Seperti masuk-masuk ke dalam gang gitu, padahal itu merupakan pabrik besar.  Jadi ingat kalau dulu waktu ke sana pernah ketahan keluar karena menunggu bubaran buruh.  Coba diintip deh pengalaman waktu gwe ke sana😀

PT. Astra Honda Motor

Perusahaan ini termasuk yang pertama gwe kunjungi sejak menjadi mahasiswa TI ITB.  Gwe sengaja mengikuti program kunjungan industri ke PT. AHM dan ingin tau gmana industri sebenarnya.  Pengalaman pertama ke sebuah industri sewaktu ilmu mahasiswa gwe masih dangkal cukup lucu juga. Kesenengan sendiri ngeliat proses welding, ngeliat orang ngerakit-rakit motor dari 0 sampai jadi di atas konveyor berjalan, bener2 seperti apa yang selama ini di buku muncul di hadapan kita langsung😛 PT. AHM yang gwe kunjungi adalah yang terletak di kawasan industri cikarang. Disitu diproduksi motor honda beat dan beberapa jenis motor honda lainnya (gwe gak inget😀 ).

PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Kesempatan untuk berkunjung ke Toyota adalah saat kunjungan industri yang pertama gwe dapatkan sebagai asisten Lab PSKE.  Waktu itu yang gwe kunjungi adalah plan site yang di sunter. Kalau tidak salah, di sana diproduksi Rush, Avanza, dan Yaris (hmm,bener gak ya?gwe ragu -___-” ).  Kami diajak berkeliling dengan jalan kaki, memasuki tiap bagian dan melihat bagaimana mobil dirakit mulai dari pintu hingga jadi.  Bahkan dari proses pembuatan tiap bagian mobilnya pun dilihat.  Kita harus bener2 berhati-hati jika berjalan di area pabrik karena sering terdapat lalu-lalang forklift dan alat angkut besar lainnya.

PT. Unilever

Ini sih perusahaan paling akhir yang pernah gwe kunjungi.  Unilever yang gwe kunjungi adalah yang terletak di Jababeka, tepatnya Skin Care Factory. Seperti yang pernah gwe jelaskan di post ini , pabrik ini seolah-olah berjenis kelamin wanita.  Memang pabrik ini (khusus pabrik skin care) memiliki target 60% pekerja wanita hingga menjadikan perusahaan yang memberikan produk “dari wanita untuk wanita”.  Pabrik skin care ini bener2 bersih bahkan pekerjanya pun diwajibkan mengenakan seragam khusus saat bekerja. Berbagai produk perawatan kulit ini dikemas dalam berbagai macam jenis kemasan seperti bottle, tube, hingga pouch.  Tiap kemasan memiliki jalur produksi (menggunakan konveyor) yang berbeda dan langsung dikemas ke dalam kemasan kardus untuk langsung di distribusikan.  Masuk ke pabrik ini akan langsung disambut dengan suasana pink dan ungu serta bau yang sangat harum khas lotion dan sabun😀

Comments
  1. burn says:

    wkwkkwkw gw aj blm pernah tu cuy yg ke PT badak meskipun udh 7 taun d situ wkwkkwkwkw

  2. lucky says:

    Banyak banyek yang dikunjunginya

    Pabrik Baju Anak | Pakaian Anak

  3. Bedul says:

    salam kenal…

    gw dr TI UI,, smstr ini lg cari2 perusahaan bwt KP.. pas baca2 blog ini,, gw trtarik bwt ngajuin KP di LG Electronic n di AHM..
    gw blh minta informasi g ttg KP disana: persyaratannya ap n CP bwt prusahaannya

    Thx very much atas informasinya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s