Harta Karun Kuliner

Posted: May 19, 2010 in Lifestyle, Travelling and Culliner
Tags: , , , , , , , ,

Pernah gak sih kamu menemukan tempat-tempat yang tersembunyi dan ternyata menyimpan hal-hal menarik ketika jalan-jalan ke tempat umum yang sering kamu kunjungi tiap hari?  Dari rumah, ekspektasinya hanya jalan-jalan ke tempat yang biasa dikunjungi, tapi karena iseng lewat jalan lain, iseng meratiin kanan-kiri, tiba2 menemukan tempat baru yang menarik??Seperti menemukan “harta karun” tersembunyi.
Untuk postingan kali ini, “harta karun” tersebut mengarah ke harta karun kuliner, alias tempat makan.  Entah dia terpojok di jalan besar dan tertutup dengan toko2 di sampingnya, atau tenggelam dalam lautan tempat makan di suatu foodcourt.  Keberadaannya dan cara gwe menemukannya yang tidak sengaja, sama halnya seperti gwe menemukan harta karun. Here they are😉

Curry Corner Indian Cuisine – Fast food khas India

Alamat : Pasar Baru Food Court Lt.6 D12

Gwe menemukan tempat ini dengan ketidaksengajaan yang luar biasa. Ok, sedikit lebay, tp waktu itu bener2 gak sengaja gwe nemuinnya.  Gwe inget banget gmana agak keselnya gwe waktu tau kalau makan siang akan dihabiskan di food court pasar baru.  Bayangan gwe, masakan sunda kelas B.  Untuk yang sering ke pasar baru, tau lah, di food courtnya hanya tersedia (baca : terlihat) masakan sunda dalam jumlah restoran sangat besar.  Well, bisa dibilang hampir semua. Bahkan terlihat semua restoran yang ada di situ adalah masakan sunda.  Sampai gwe diberi pencerahan untuk tidak segera memilih masakan sunda tapi memutuskan untuk berkeliling-keliling gak jelas di food court.  Dan mata gwe pun menangkap sebuah meja dimana orang-orangnya sedang menikmati  kebab….dan tampak lezat.  Gw pun menanyakan asal kebab itu ke pegawai di dekat gwe, dan gwe pun ditunjukkan satu restoran di antara restoran sunda, bernama Curry Corner Indian Cuisine.

Awalnya, gwe hanya ingin makan kebabnya.  Tapi begitu gwe lihat daftar menu, wooo…ternyata restoran ini gak main-main dengan kata “Indian Cuisine”.  Menunya bener-bener memfokuskan pada masakan india.  Tidak hanya kebab, sebagai starter restoran ini menyajikan Tikka, Frankie, Tandoori, Samosa, dan lain-lain.  Main Coursenya??  ya itu lah masakan2 india yang gak jelas namanya apa. Nih ya, gwe kasi nama2nya, Chicken Patiala (pasti terbuat dari ayam😛 ), macam2 Paneer, macam2 Kofta, ada yang namanya Roganjosh, dan ada juga macam2 Masala.  Sumpah, gwe gak ngerti bentuknya begitu pertama kali baca menu itu. Jadi lah gwe waktu itu nanyak2 ke pegawainya dan menuntut dijelasin satu2.  Cara tercepat? Tanyak aja menu paling favorite dan menu andalannnya, minta jelasin, trus pilih deh mana yang kira-kira cocok sama lidah kita.  Gwe lupa mesen apa, yg gwe inget itu adalah bayam yang dihaluskan, ada ayamnya dan rasa karinya kuat.  Makannya make roti Canai (bisa milih, mau make nasi, canai, atau paratha).  Besok deh kalo ke sana lagi gwe cari tau namanya apa plus gwe kasi tambahan foto😀 Rasanya?? Waaahh!! nampol!! Sangat India! Rasa karinya kuat dan khas india.  Kaya yang tadi gwe bilang, restoran ini gak main2 dengan kata “Indian Cuisine”. Bagi yang suka masakan India, restoran satu ini wajib coba! Cari aja dah di antara tumpukan restoran Sunda di Food Court Pasar Baru. Seperti yang ditulis sama restoran ini di daftar menunya, “Datang, coba, dan rasakan keunikan cita rasanya!!”😀


Pempek Lemak Nian

Alamat : Jln. Ir. H. Juanda, depannya Terminal Dago, sebelum pertigaan SIS.

Awalnya gwe tau ini dari milis jalan sutra yang gwe ikutin.  Salah satu anggota milis menuliskan adanya harta karun ini.  Gwe pun mencoba mencari-cari keberadaan tempat jualan pempek ini (gwe bingung menyebubnya apa, restoran kekecilan, warung kesannya kotor, padahal bersih, hmmm😕 ).  Awalnya gwe susah menemukannya.  Sampai suatu waktu, saat gwe mau ke SIS untuk acara kampus, gwe pun melihat sebuah toko kecil (toko aja kali ya?toko kecil😀 ), bertuliskan “Pempek Nikmat, asli Palembang”. Posisinya persis seperti yang gwe baca di milis, tepat di depan terminal dago. Sayang, sore itu toko tersebut sudah tutup. Gwe perhatikan hari-hari berikutnya, ternyata tempat makan pempek ini cepat tutup. Kadang antara jam 4-5 sore pun sudah tutup. Wah, pasti pempeknya mantab nih.  Sampai suatu hari, akhirnya gwe berhasil mencobanya

Disini dijual berbagai macam pempek, mulai dari lenjer, pempek bulet, kapal selam besar dan kecil, sampai ada’an atau pempek kulit.  Selain itu juga ada lenggang dan tekwan. Lucunya, ternyata tempat ini juga menjual nasi kuning. Weleh, gak nyambung juga ya.  Harganya? Untuk pempek-pempek kecil, harganya rata 2000.  Sedangkan untuk kapal selam besar harganya 5000.  Murah yaaa!! Rasa?? Lemaaak niaaaann!! Bener-bener rasa pempek asli.  Kalo gak salah pernah gwe tanyak, pempeknya menggunakan ikan tenggiri.  Yang jual pun memang orang kito galo alias orang asli palembang.  Sayang gwe belum kesampean nyobain lenggang n tekwannya.  Suatu saat pasti deh! Wajib coba banget deh ini pempeknya.  Keluarga gwe pernah iseng gwe bawain, hasilnya? wah, mereka sampai nitip berpuluh-puluh untuk ulang tahun kakek gwe. dan ludes dengan segera! bahkan ngalah2in pempek yang dibawa dari Jambi. Wahaha!! Silakan mampiiirr🙂

Sate Mak Ayu

Alamat : Pinggir jalan Cimandiri, depan gedung milik Unpad.

Mungkin banyak yang udah tau sate satu ini.  Tapi gwe menemukannya kembali dengan unsur gak sengaja.  Waktu gwe dan ucup yang lagi nyari-nyari tempat makan dan gak sengaja ngelewatin Cimandiri agak kaget karena pagi itu jalan tersebut ramai dengan orang dan berbagai tempat jajanan.  Yang gwe tau, sop buah disitu memang enak. Dan waktu itu pun gwe berniat untuk turun dan minum es buahnya, atau mungkin sekedar menyicipi nasi bakarnya.  Tapi, tiba2 kami melihat ada segerombolan orang yang mengantri di depan penjual sate. Penjual sate itu bahkan tidak punya gerobak.  Mereka hanya membawa alat pembakar, dan baskom-baskom yang berisi sate.  Wah, kenapa ramai banget ya?? Kami pun secara impulsiv memutuskan untuk mencoba memesan sate.

Dan keputusan tersebut bener2 tepat! Kalau gak, gak akan pernah keluarga gwe atau keluarga ucup menuntut makan sate itu tiap datang ke Bandung.  Sampai-sampai bokap gwe n kakaknya ucup pernah jadi sewot gara-gara gak kesampean makan sate disitu.  Karena terletak di belakang gedung sate, gwe pun menyebutnya sate gedung sate😀 Rasa? jangan ditanya lagi, dah gwe ceritain tadi gmana reaksi keluarga kami waktu kami bawa makan ke sana.  Bumbu kacangnya sangat khas, bahkan saking nikmatnya, rasanya ingin menghabiskan bumbunya sampai titik terakhir. Lebay? gak sama sekali. Coba aja! Disini ada macam-macam sate, ayam, sapi, ati, dan jandok.  Jandok itu lemak yang biasanya dipake buat masak di Hanamasa itu looh..awalnya gwe takut banget makan jandok ini. Tapi begitu iseng nyoba, walah, jandoknya manis dan gak berasa seperti makan lemak.  Kesannya juicy banget.  Tapi yaa..jangan banyak-banyak deh, serem juga lama2 makan lemak. hihihih….Harga??sangat terjangkau.  10 tusuk sate ayam + lontong kalau tidak salah seharga 9000, sementara seporsi sate daging sapi seharga 10.000.  Bisa dicampur juga misalnya memesan beberapa tusuk ayam,sapi,dan ati.  Pokoqnya puas deh!!Khawatir duduk di pinggir jalan? sekarang sate ini membuka cabang di D’kiosk braga. Tapi dengan harga lebih mahal tentunya🙂

Pecel Cilaki

alamat : Jln. Cilaki, di seberang yoghurt Cisangkuy

Ini juga sama ceritanya dengan sate mak ayu.  Pecel ini juga gwe temukan bersama ucup yang lagi iseng2 nyari makan di daerah cilaki. Awalnya, gwe mencari mobil penjual ikan bakar yang waktu itu gwe temukan juga secara gak sengaja tapi rasanya enak (another harta karun, tapi karena sampe sekarang gak ketemu lagi gak gwe tulis di postingan ini😀 ).  Yang kami temukan malah tenda tempat menjual pecel.  Dan ramai.  Maka kami pun dengan murahnya mengunjungi tenda ini. Hanya karena alasan ramai? alasan yang gak pernah salah ko🙂

Gak cuma ramai, ternyata pecel disini mantab! Rasanya bener2 seperti makan pecel di daerah jawa timur sama.  Bumbunya memang khas.  Bahkan dia menjual bumbunya yang belum diberi air.  Selain pecel mereka menjual menu sampingan seperti tempe, tahu, sate telur puyuh, empal/gepuk,dan botok. Harganya? sori boy..gwe lupa. Tapi yang pasti dibawah 20.000 seorangnya.  Memang agak mahal jatuhnya kalau membeli makanan sampingan, tp karena rasanya enak, kayaknya worthed2 aja tuh😀

Sate Erha Clinic

alamat : Jln. Cimanuk, samping erha clinic

kalau yang ini, gwe diajak ucup untuk makan sate dan gulai pagi-pagi. Masalahnya waktu itu belum pukul 9. Waduh, berat banget yaa…Tapi ucup bilang, tempat makan ini sudah tutup jam 9 pagi. Buset, cepet amat yah??ternyata, bukan karena apa, tapi karena sudah pada habis. What?! wah, buru2 amat habisnya😕

Wajar banget ternyata, karena sate dan gulai disini rasanya nendang banget! Orang-orang berdesakan di warung dadakan hanya untuk memesan sate dan gulai.  Sate yang dijual disini adalah sate ayam, sate sapi dan kambing.  Sementara gulai yang dijual adalah gulai kambing (kebayang gak tuh pagi2 makannya kaya gitu??gilee..).  Rasa satenya unik, beda dari tempat lainnya.  Gulainya pun enak.  Tapi sayang harganya agak mahal.  Satu porsi gulai harganya 16.000.  Sate pun seporsi seharga 17000-18000.  Tapi karena rasanya enak, cukup worthed ko! Inget, tempat ini sudah tutup dari jam 9. Kalo iseng ingin makan yang berat2 di pagi hari, coba lah datang ke tempat ini.  Gampang ko, di samping Erha, pagi2 udah mengepulkan asap, ya cuma tempat ini😀

PS : sori, gak bisa menampilkan foto. Belum sempat mendokumentasikan ternyata. Ntar ya, foto2 menyusul🙂

Comments
  1. ilovecitzel says:

    wah mantep2 nih postnya… emang tempat makanan enak2 byk yg tersembunyi🙂
    gimana kalo sharing tempat2 ini sama foto2 nya di http://citzel.com – website dimana orang2 sharing tmat2 makan enak loh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s