Sekitar 3 minggu yang lalu, gwe mengunjungi Jazzy Ozzy, acara jazz semacam festival yang diselenggarakan oleh Djarum Super.  Seinget gwe, acara ini sudah sejak 2003 diadakan oleh radio Oz tapi baru tahun ini gwe sempet datang. Itupun super telat -___-“

Acara ini diadakan di sepanjang jalan Braga bawah, tepatnya di depan dan di dalam New Majestic’s Hall.  Suasana temaram dan bangunan-bangunan tua yang mengapit jalan Braga beserta alunan musik jazz, sempurna! Acara ini sendiri dihadiri oleh banyak artis, seperti Grace Sahertian and Friends, Endah n Resa, Ras Muhammad, Iman Barata Trio, Soulvibe, The statement, Adrian Adioetomo, dan Puncaknya adalah penampilan ESQI:EF or Syaharani and Queenfireworks. Yep, That Syaharani, That Indonesia’s Jazz Icon.

Sayang sekali gwe datang super telat. Acara dimulai sejak pukul 4 sore sementara gwe baru datang setengah 9 malam. Jadilah gwe hanya bisa menonton The Statement, Adrian Adioetomo dan ESQI:EF.  The Statement tampil outdoor di depan gedung New Majestic dan membawakan fusion jazz yang dengan sentuhan instrumen Samba. Menariknya, kelima personil The Statement juga menggunakan baju tradisional, mulai dari kain batik dan sebagainya.  Lagu-lagu yang mereka bawakan bikin gwe bergoyang mengikuti alunan lagu dan mengingatkan gwe dengan penampilan Adonis Puentes di Java Jazz kemarin (meskipun jenis lagu yang mereka bawakan berbeda)

The Statement

Setelah penampilan The Statement, gwe pun masuk ke dalam New Majestic untuk menunggu penampilan berikutnya. Dan, muncul lah Adrian Adioetomo. Gwe pernah lihat performance orang ini ntah kapan, dan gwe baru nyadar kalo tampaknya dia lah satu-satunya penyanyi indonesia yang membawa aliran Delta Blues di Indonesia.  Lucu juga mendengar lagu Blues dinyanyikan dengan lirik Indonesia. Sama lucunya saat gwe mendengar lagu rap atau R n B yang dibawa dengan bahasa Indonesia. Dan suara Adrian bener2 pas dengan aliran yang dibawanya. Cuma ada dia dan gitarnya di atas panggung cukup membuat gwe mengenal bagaimana lagu2 beraliran Delta Blues itu.

Adrian Adioetomo

Lalu tiba-tiba, muncul lah Didit Saad dan Donny Suhendra salah satu personil ESQI:EF. Maka mereka pun berkolaborasi secara trio! dan satu kata….SUPERB!!! asik banget denger mereka berkolaborasi memainkan gitar. Dan sekitar 5-10 menit kita dimanjakan dengan kolaborasi ajaib tersebut, tiba-tiba ada suara merdu yang menimpali, hanya dengan senandung tanpa lirik. Gak ada orang yang muncul, tp yang jelas suaranya sangat jelas. Sangat khas. Dan langsung kita ketahui siapa pemilik suara tersebut. Yap, Syaharani pun bersenandung mengiringi permainan gitar trio dadakan tersebut.  Dicari-cari, ternyata Syaharaninya duduk di antara penonton! deket banget lagi sama gwe. weleh….

Sang Trio Dadakan

Syaharani langsung membawakan salah satu lagu dari album barunya berjudul “Kiranya”. Tapi sayang, karena sudah agak malam dan besoknya gwe harus mengumpulkan tugas, gwe pun memutuskan pulang pada lagu kedua, yang kalo tidak salah judulnya “Apa?Apa?Apa?” Karena penasaran, saat di mobil gwe pun langsung memutar CD yang didapat saat membayar tiket masuk. Kalau biasanya penyanyi2 itu terdengar lebih bagus di CD, ini justru terbalik. Suara Syahrani justru lebih bagus, lebih powerful, jauh lebih keren kalau didengar secara langsung. Kereeenn!!!

Syaharani dan ESQI:EF

Semoga makin banyak deh acara-acara Jazz yang seru kaya gini di Bandung…:D

Comments
  1. meongijo says:

    wah lama ga ke blog mua layout nya ganti jadi kereeen😀 kamu pake host yo?

    kok aku ga begitu suka sama suaranya syaharani ya? Suaranya terlalu deep dan ga cocok sama musiknya. Tapi aku cuma ngambil satu sampel dari video youtube pas di Java Jazz sih… hehe…

    • hahaha…gak ko ras, gwe kan pengguna gratisan theme dari wp. gk secanggih itu lah diriku ini..:))

      nah, iya ras. awalnya juga gwe biasa aja. Tapi gk tau gimana, malam itu dia keren banget suaranya. Pas n powerful deh…tp sayang di CDnya gk sebagus itu…huehehhe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s