Brussels, Day 1 : Sleeping while Sightseeing

Posted: September 30, 2010 in Lifestyle, Travelling and Culliner, My First Euro Trip
Tags: , , , , , ,

Here we go, Brussels!

Setelah pusing dengan urusan harga tiket ke kota-kota eropa lainnya, secara random gwe dan dona pun memutuskan untuk ke Brussels! Benar-benar pilihan yang sama sekali di luar rencana!😛

Rencananya, pagi-pagi gwe dan dona pergi duluan. Lalu malamnya Dior dan Mas Kamal akan menyusul. Berangkat dari rumah jam 5, karena menurut jadwal pesawat berangkat sekitar pukul 7. Eerrgh, bahkan di luar masih sangat gelap saat gwe dan dona diantar mas kamal ke airport.

Sesampainya di Brussels, kami pun langsung diantar ke wisma kedutaan di Brussels. Rencananya kami memang akan diberikan apartemen yang connected dengan wisma tersebut. Daaan…itu yang namanya wisma kedutaan, besaaar bangeet!! Rumahnya aja kayaknya cuma ditempati setengahnya saking besarnya. Belum lagi ternyata tanah lapangnya masih sangat luas. Kami dijamu sarapan oleh ibu dubes RI-belgia di bagian rumah yang seperti rumah kaca, sehingga sinar matahari langsung menembus dari langit-langitnya. Dan ternyata, yang namanya apartemennya benar-benar seperti apartemen. Lengkap dengan dapur kecil, meja makan, ruang tamu, 2 kamar tidur, dan kamar mandi. Lucunya, di kamar mandinya tidak tersedia WC. Nah loo?? Ternyata, WCnya terpisah di ruangan yang terpisah dimana memang dikhususkan untuk WC. Hahaha, unik!

Setelah sarapan dan ngobrol-ngobrol sebentar, gwe dan dona pun diantarkan jalan-jalan. Kami didrop di daerah yang bernama Centrum yang rupanya pusat pariwisata brussesls.

Dari Centrum, kami bisa ke Grote Markt / Grand Place, sebuah pelataran luas yang dikelilingi bangunan-bangunan tipe gothic

Suasana di Grote Markt / Grand Place

Dari Grote Markt (Grand place, dalam bahasa Perancis. Tapi karena gwe lebih bisa bahasa Jerman yang agak mirip Bahasa Belanda, gwe pun lebih suka menggunakan istilah Belandanya), kami bisa langsung ke Patung elus (gak tau namanya) dimana katanya kalau mengelus patung tersebut, kita akan kembali lagi ke Brussels

Kita lihat apakah Dona akan kembali ke sini setelah mengelus si patung😀

Menyusuri jalan secara lurus saja dari patung elus, gwe dan dona pun sampai ke icon kota Brussels, Mannekin Pis. Patung anak kecil pipis yang entah bagaimana bisa terkenal dan dijadikan tujuan utama pariwisata kota Brussels.

Padahal kecil banget, gak pentiiing..

Yang menarik dari daerah situ adalah jalan-jalan kecil yang meliuk-liuk mengantarkan kita entah kemana. Meskipun gwe dan dona sudah membeli peta, kami pun dengan sengaja jalan-jalan semau hati tanpa melihat peta terlebih dahulu. Setelah bingung mau kemana lagi, baru lah kami melihat peta dan melihat dimana letak kami lalu menentukan kemana selanjutnya.

Begini nih bentuk jalan di sekitar Grote Markt

Sampai akhirnya membawa kami kembali ke centrum. Karena awalnya gwe ada rencana mau ke Amsterdam, gwe dan dona pun mengecek jadwal keberangkatan kereta ke Central Station yang memang ada di centrum. Secara tidak sengaja, kami pun melihat bus yang bertuliskan Sightseeing. Secara random (lagi) kami pun memutuskan untuk mengikuti tour sightseeing Brussels. Untungnya, kami ditawari tiket seharga 15 euro, dimana harga tiket sebenarnya adalah 18 euro. Selain itu, tiket tersebut juga berlaku selama 24 jam. Jadi kami pikir, daripada hari ini gak kemana-mana krn tidak tahu apa saja yang harus kami lihat, mending kami ikut tour itu. Toh tiket yang kami beli akan masih berlaku sampai besok saat Mas Kamal dan Dior sudah datang.

Karena kami berpikir kalau besok dior dan mas kamal juga akan ikut tur, gwe dan dona pun memutuskan untuk benar-benar hanya sightseeing tanpa turun sama sekali di tempat-tempat wisata yang dikunjungi. Jadi ya….kami benar-benar hanya duduk di atas bis, menikmati pemandangan, dan menyusuri kota Brussels yang ternyata sangat kecil. Kami duduk di tingkat dua dimana angin sepoy-sepoy berhembus……sehingga akhirnya kami tertidur! Sightseeing pun hanya bertahan selama setengah perjalanan karena sisa perjalanan kami pakai buat tidur. Tampaknya hanya kami berdua penumpang bus sightseeing yang tertidur selama tur. Ahahaha!

Menikmati Sightseeing…..atau menahan kantuk?😛

….to be continued.

Comments
  1. […] ke Brussels, saya pun menginap di wisma duta besarnya. Seperti yang pernah saya ceritakan juga di sini, saya, Dona, Dior dan Mas Kemal dipersilakan untuk tinggal di apartemen yang terkoneksi dengan […]