Which travel type are you?…Part 2!

Posted: October 18, 2014 in Lifestyle, Travelling and Culliner
Tags: ,

Sebenarnya saya sudah pernah posting dengan judul yang serupa. Tapi semakin kesini saya semakin gatal untuk mengulik lebih dalam lagi.

Kalau diperhatikan, sekarang semakin banyak orang-orang yang suka traveling. Kayaknya traveling sudah menjadi hobi paling hits akhir-akhir ini. Orang berlomba-lomba untuk mengunjungi suatu tempat, berfoto di landmark-landmark mainstream, posting di social media, lalu mendapat komen “oleh-oleh, ya!”. Padahal, dibalik sebuah jalan-jalan, pasti ada satu hal lain yang bikin si traveler puas. Ntah itu dengan belanja, ke tempat-tempat khas, wisata kuliner, atau mungkin ke museum.

Biasanya, kalau orang Indonesia gak lepas dari shopping. Bahkan banyak dari mereka yang tujuan utama dari jalan-jalan yaa belanja! Alasannya biasanya sih gak jauh dari “Di Indonesia lebih mahal!” (padahal Cuma beda 100-200 ribu), “Di Indonesia belum ada nih!” (padahal tinggal nunggu beberapa bulan lagi juga muncul), “si itu titip anu nih!” (nah ini!!). Itu lah, di Indonesia budaya oleh-oleh memang merajalela. Sejak saya kerja di Sony dan business trip bareng dealer/customer, kami selalu memberikan satu hari khusus untuk belanja. Kasian boo, bapak-bapak itu pada pusing dititipin sama istrinya…hihihi! Nah, yang tipe-tipe suka belanja nih yang susah digabung sama tipe yang lain. Bisa seharian tuuh! Hehehe..

Atau ada juga yang sukanya ke alam, misalnya kaya naik gunung. Biasanya yang kaya gini yang suka mengaktualisasi diri dan yang ingin “sendiri” dulu, lepas dari “kewajiban” bersosialisasi. Atau mungkin, malah maunya menikmati hotel saja. Leyeh-leyeh seharian gak mau kemana-mana.

Ada juga yang hobinya jalan-jalan untuk memuaskan hobi fotografinya. Nah, kalau yang ini justru enak digabung jalan dengan orang-orang dari tipe mana pun. Soalnya, diajak kemanapun, dia pasti bisa menemukan objek menarik untuk dijepret. Jadi, yang lagi asik belanja ataupun yang lagi asik liat-liat di museum, jangan khawatir kekurangan bahan foto! Hihi…

Saya sendiri, ada 2 yang selalu saya “kejar” tiap jalan-jalan. Yang pertama, its people. I want to see, to know and to learn anything about the people who live at the place I’ve visited. Ntah itu kebiasaan mereka, pola pikir mereka, bahkan kalau bisa Bahasa lokal. Rasanya tuh banggaaa banget kalau pulang-pulang dari suatu tempat bisa Bahasa lokal sana. Well, minimal bisa mesen makan di resto/café lah yaa..hihihi! Jadi inget waktu saya di Roma saat saya dibilang “perfecto~~” oleh waitress café karena saya minta bill dalam bahasa italy..yaay!!

Yang kedua, its culture and history. Menurut saya, budaya dan sejarah lah penjawab semua kekaguman tiap kita datang ke suatu tempat. Bagaimana dan kenapa suatu tempat bisa dijaga, dan bagaimana suatu tempat bisa seindah itu. Makanya, setiap saya datang ke suatu tempat, saya selalu menyempatkan untuk datang ke museum untuk tau cerita dari tiap daerah yang saya kunjungi. Lagian, mengunjungi museum bisa sekalian istirahat looh! Kan, tempatnya adem terus jalannya sambal pelan-pelan atau kadang duduk nonton videonya..hohoho!

Saya sih tidak pernah menganggap mana yang lebih baik, antara backpacking atau yang mewah, antara yang jalan-jalan sendiri ataupun yang ikutan tur. Semuanya sih sama saja, karena intinya jalan-jalan itu escape kaan..Kan sayang, kalau sudah keluar biaya tapi kitanya sendiri gak puas..ya gak siih??

Leave a Reply

